ragam

Jenazah Azhari, Napi yang Divonis Mati di Lapas Nusakambangan Dipulangkan

Oleh: Munjir Permana Editor: Munjir Permana 10 May 2020 - 11:42 banda-aceh
KBRN, Banda Aceh : Jenazah Azhari, napi dengan vonis mati dalam kasus Narkoba yang meninggal dunia pada tanggal 14 Oktober 2019 tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. 

Jenazah Azhari tiba pada pukul  15.55 wib dengan menggunakan pesawat Lion Air, di Bandara SIM telah menunggu Kadiv PAS Kanwil Kemenkumham, Murah Budiman, Sekrataris YARA, Fakhrurrazi, Kordinator Paralegal YARA, Muzakir, Kepala Perwakilan YARA Banda Aceh, Yunieko Hariatna (Haji Embong), dan perwakilan Dinsos Aceh dan keluarga Alm Azhari, Banda Aceh, Rabu, (16/10/2019).

Begitu peti jenazah diturunkankan melalui cargo langsung di angkat ke dalam mobil ambulan yang telah di siapkan di Bandara, kemudian dilakukan prosesi serah terima peti jenazah yang di terima oleh perwakilan keluarga yang juga saudara kandungnya Almarhum Azhari. 

Sudarmanto, petugas dari Lapas Batu Nusakambangan menyampaikan, bahwa seluruh biaya pengiriman jenazah ini di tanggung oleh Ditjen PAS.
 
"Instruksi Bu Dirjen agar seluruh biaya pengiriman jenazah di tanggung oleh Ditjen dan di minta agar jenazah segera di kirim kan ke Aceh", terang Sudarmanto setelah serah terima peti jenazah di Bandara SIM.

Sementara itu, Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dirjen PAS yang segera mengambil langkah cepat untuk mengirimkan jenazah Almarhum Azhari ke Aceh setelah dua hari belum ada keputusan tentang pengiriman jenazah Azhari karena menunggu konfirmasi kesiapan biaya Dinsos Aceh. 

Ketua YARA Safaruddin mengatakan, pemulangan jenazah Azhari melalui proses panjang. Kata Dia, jenazah baru bisa dipulangkan setelah dirinya menyampaikan tentang kondisi tersebut ke Dirjen PAS, maka prosesnya segera di ambil alih dan pada hari ini juga dikirimkan jenazahnya ke Aceh via Bandara Soekarno Hatta pada siang tadi.

Sekrataris YARA, Fakhrurrazi menyampaikan terimakasih kepada Dirjen PAS yang telah merespon langsung pemulangan jenazah Azhari. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bu Dirjen PAS atas bantuannya sehingga jenazah sudah sampai hari ini di Aceh dan segera diberangkatkan ke Aceh Timur untuk di kebumikan di kampung halamannya Alm Azhari," ucap Razi.