Sepak Bola

Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Oleh: Afriza Kurniawan Editor: Hayatun Sofian 22 Apr 2024 - 06:39 Mataram

KBRN, Mataram: Tim nasional sepak bola U-23 Indonesia berhasil mencatat sejarah baru di Piala Asia U-23 2024. Dengan penampilan gemilang, tim debutan ini berhasil lolos ke babak perempat final setelah mengalahkan Yordania U-23 dengan skor mencolok 1-4 pada laga terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Minggu (21/4/2024).

Dalam pertandingan yang sangat dinanti-nantikan ini, Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk memastikan tiket ke babak berikutnya. Marselino Ferdinan membuka keunggulan bagi Indonesia pada menit ke-23 melalui tendangan penalti yang dieksekusi dengan sempurna setelah Rafael Struick dilanggar di dalam kotak penalti.

Tim asuhan Shin Tae-yong terus menekan dan berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 sebelum babak pertama berakhir. Witan Sulaeman mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-40 dengan sepakan melengkung yang tak terbendung oleh kiper Yordania.

Babak kedua tidak mengurangi intensitas serangan Indonesia. Marselino Ferdinan kembali mencetak gol pada menit ke-70, membuat Indonesia unggul tiga gol. Meskipun Yordania berhasil mencetak gol penyelamat melalui bunuh diri Justin Hubner, Indonesia tak berhenti menyerang. Komang Teguh menambah keunggulan menjadi 1-4 pada menit ke-86.

Dengan hasil ini, Indonesia mengamankan posisi runner-up Grup A dan akan menghadapi juara Grup B, yang akan ditentukan antara Jepang dan Korea Selatan dalam pertandingan yang akan digelar pada Senin (22/4). Tim U-23 Indonesia telah mengumpulkan enam poin dari tiga laga dan bersiap untuk menghadapi tantangan berikutnya di perempat final Piala Asia U-23 2024.