ekonomi

Warga Keluhkan Kebutuhan Pokok Pada Naik

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:54 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Warga Bengkalis keluhkan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan mengalami kenaikan, kenaikan sudah terjadi sejak beberapa minggu belakangan ini.

Seperti dikemukakan salah seorang ibu rumah tangga asal desa Jangkang, mamang kebutuhan harian seperti.gula, cabe, telur ayam dan bahkan ayam.potong pada naik.

"Ya pak kebutuhan harian pada naik jelang ramadhan ini, kami juga minta pada pemerintah agar dapat melakukan pengecekan di pasar pasar tradisional karena kondisi ini sangat memberatkan bagi kami," kata Buk Ijah,Sabtu, (4/5/2019).

Terkait persoalan ini ketika dikonfirmasi dengan Dinas perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan M.Jefri membenarkan adanya kenaikkan.

Dikatakan Jefri berdasarkan data per 26 April lalu sejumlah kebutuhan memang mengalami kenaikan, hal ini memang sering terjadi menjelang bulan puasa.

"Ya memang ada terjadi kenaikan menjelang puasa dan hari raya hal ini terjadi disebabkan karena permintaan meningkat atau banyak, kenaikan ini terjadi karena hukum ekonomi," Kata Jefri Sabtu,(4/5/2019).

Untuk harga komoditi yang mengalami kenaikan seperti cabe hijau dari harga Rp. 25.000,- naik menjadi Rp.30.000,-/Kg, cabe rawit dari harga Rp.30.000,- naik menjadi Rp.35.000,-/Kg, daging sapi sebelumnya harga Rp.140.000,- naik menjadi Rp 150.000,-/kg,harga telor ayam ras perpapan Rp 38.000,- menjadi Rp 40.000,-.

"Sementara itu untuk harga ayam potong sampai saat ini masih stabil, untuk gula pasir kenaikan berkisar Rp 500 hingga Rp 1000,- per kilonya, dan juga harga ikan kembung naik berkisar Rp 5000/kg"Ujar Jefri.

Jefri meminta kepada pedagang untuk tidak asal asalan saja menaikkan harga nanti terjadi turunnya daya beli masyarakat.

"Untuk kenaikan masih ada ambang batasnya, ada ambang batas bawah dan ada ambang batas atas, sementara untuk di Bengkalis masih ambang batas bawah,"ujar Kabid Pengembangan Perdagangan Disdagperin Bengkalis.

Dalam waktu dekat pihak Disperindag dan stekholder terkait akan lakukan peninjauan dan pengecekan ke pasar pasar.