ekonomi

Pemerintah Fasilitasi Pedagang di Pasar Ramadhan Tanpa Uang Sewa

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:53 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis menyediakan tempat untuk masyarakat berdagang selama bulan suci Ramadhan tahun 2019 di kawasan Sungai Bengkel atau pasar oleh-oleh khas Bengkalis secara gratis.

Penyediaan Pasar Ramadhan tanpa dipungut biaya ini merupakan bentuk perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan peningkatan pelayanan dengan memberikan kemudahan dalam memajukan usaha kecil, mikro dan menengah milik masyarakat sebagaimana disampaikannya saat pembukaan Pasar Ramdhan tersebut.

“Kita fasilitasi para pedagang dengan menyediakan tempat mereka menggelarkan dagangannya dipasar oleh-oleh ini tanpa dipungut biaya,” ucap Amril.

Kemudian Pasar Ramadhan yang berdiri dengan harapan memberikan kemudahan, kenyamanan kepada masyarakat dalam memenuhi dan mendapatkan menu berbuka puasa selama bulan Ramadhan ini diisi sebanyak 95 orang pedangang. Diantaranya 50 pedangang kue mue, 23 pedagang lauk pauk, 19 pedagang minuman serta 2 pedangang buah.

Dengan tujuan agar para pedagang dapat melakukan aktifitas perdagangan tanpa adanya rasa terbebani dengan biaya-biaya lain selain dari modal dan keuntungan untuk mereka sendiri. Keseluruh pedagang ini mendapatkan fasilitas tempat hingga listrik yang ditanggung langsung oleh Pemkab Bengkalis.

“Tidak ada sewa tempat, tidak ada sewa penerangan, tidak ada jasa kebersihan maupun jasa fasilitas lainnya, semua ditanggung oleh pemerintah daerah,” tegas Amril.

Namun tak hanya di Pasar Ramadhan tingkat Kabupaten Bengkalis saja, Kepala Disdagperin Kabupaten Bengkalis, Raja Arlingga menyebut  setiap kecamatan di Kabupaten Bengkalis turut menyediakan Pasar Ramadhan secara gratis.

“Penyelenggaraan Pasar Ramadhan tidak hanya di Kabupaten Bengkalis, tetapi juga di setiap kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Dengan waktu yang bersamaan dan fasilitas yang sama mereka juga tidak dikumut biaya,” Terang Raja Arlingga.

berlokasi di Sungai Bengkel atau pasar oleh-oleh khas Bengkalis, Pasar Ramadhan ini buka selama bulan suci Ramadhan yakni dari tanggal 6 Mei hingga 4 Juni mendatang.