ekonomi

Gubri Kunjungi Perkebunan Kayu Gronggang di Desa Air Putih

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:53 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Gubernur Riau (Gubri) H.Syamsuar dalam kunjungan safari Ramadhan di Bengkalis mengikuti serangkaian kegiatan, yakni selain berbuka bersama di halaman mesjid Agung Istiqomah Bengkalis, malamnya mengikuti malam Nuzulul Qur'an di Mesjid yang sama.

Gubri dan rombongan Rabu, (22/5/2019) pagi berkesempatan untuk meninjau perkebunan Gronggang di Desa Air Putih kecamatan Bengkalis.

Kehadiran Gubri H.Syamsuar bersama Istri bersama rombongan di sambut Ketua Persatuan Kepala Desa (PKD) Bengkalis Pasla,  berlokasi di Jln. Poros Air Putih Desa Air putih, Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis.

Dengan menggunakan baju batik dan celana hitam serta memakai peci hitam Pasla menyambut kedatangan rombongan Gubri serta sekaligus mendampingi orang nomor satu Riau itu, untuk melihat perkebunan geronggang tersebut.

"Kami bersama pengurus kelompok tani gronggang mengajak pak Gubri melihat proses penanaman, mulai dari bibit sampai melihat pokok geronggang yang sudah ditanam, dan sekaligus penanaman bibit gronggang oleh Pak Gubri,"Jelas Pasla yang juga Kades Pambang Pesisir kepada wartawan.

Sebagai Ketua PKD Pasla berharap perkebunan kayu geronggang ini bisa dikembangkan diseluruh Desa yang memiliki lahan tidur yang luas, karena menurut Pasla kayu gronggang ini nilai ekonomisnya tinggi dan bisa menjadi penghasilan bagi warga Desa.

"Kalau bisa perkebunan pokok gronggang ini ada disetiap Desa yang ada di Kabupaten Bengkalis khususnya yang memiliki lahan kosong, makin besar lahan kosongnya makin bagus, bisa besar nantinya perkebunan gronggangnya," ungkap Pasla lagi

Kedatangan Gubernur Riau H. Samsuar ke perkebunan tersebut merupakan janji dirinya sebelum ia menjabat Gubernur Riau setahun yang lalu.

"Ini janji saya saat kunjungan pertama saya di perkebunan ini, jika saya jadi Gubernur saya akan datang lagi dan memperhatikan ini," ungkap Syamsuar

Selanjutnya Syamsuar berharap agar perkebunan kayu geronggang ini menjadi icon baru untuk Kabupaten Bengkalis dan dapat berkontribusi untuk kemajuan Daerah.

"Kayu geronggang ini kalau bisa jadi penghasilan terbesar buat warga Bengkalis, karena ini menjanjikan sekali, dan sambil menunggu panen kayu, harus ada tanaman sisipan," jelas Syamsuar yang langsung dijawab pengurus tani bahwa nantinya akan diadakan budidaya lebah madu di kawasan perkebunan tersebut dan pak Gubri pun sangat setuju dengan usulan itu.

Terakhir Gubernur Riau itu berjanji akan membantu semaksimal mungkin agar perkebunan kayu geronggang ini bisa lebih besar dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

"Kepada pengurus kelompok nantinya bisa berkonsultasi dengan Kadis Pertanian Propinsi, apa yang diperlukan dan harus sesuai dengan mekanisme," tutup Syamsuar sambil Menunjuk ke Kadis Pertanian yang juga ikut dalam rombongan Gubri.

Gubri dan rombongan pejabat Provinsi Riau ini melanjutkan safari Ramadhan ke Kabupaten siak Sri Indrapura.