ekonomi

Dinas Koperasi dan UMKM Akan Lakukan Evaluasi 2019

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:42 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bengkalis akan melakukan evaluasi tahun 2019 terhadap kegiatan yang perlu ditingkatkan pada tahun 2020 mendatang.

Diklaim pada tahun ini kegiatan yang dilakukan telah memberikan dampak positif baik kepada koperasi maupun UMKM di daerah ini.

UMKM di daerah ini diarahkan bagaimana bisa bersaing bebas salah satunya adalah bagaimana cara mendapatkan sertifikasi seperti halal, dan industri rumah tangga (IRT), baik daerah maupun nasional. 

Produk UMKM di daerah ini tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya, dan hanya memiliki kelemahan, belum ada sertifikasi yang bisa membuat para pengusaha UMKM masuk ke pasar bebas seperti toserba atau persaingan internasional. Apalagi ada wacana penyeberangan Riau-Malaka, akan menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk bersaing dan harus memenuhi standardisasi produk yang dipasarkan.

"Itu yang sedang digesa, kami berharap kegiatan-kegiatan di tahun 2020 akan lebih ditingkatkan lagi," ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Herman Ahmad kepada sejumlah awak media, Selasa (15/10/2019) siang.

Salah satu upaya Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis agar UMKM memiliki sertifikasi tersebut adalah melakukan sosialisasi karena dipahami pelaku UMKM sebagian besar pengelolanya adalah masyarakat awam dan pengetahuan tentang sertifikasi masih sangat minim. 

Kemudian, kata Herman lagi, jika memungkinkan Dinas Koperasi dan UMKM akan memfasilitasi UMKM yang dinilai layak untuk mendapatkan sertifikasi. 

"Kami yang akan mengurusnya. Saat ini sejumlah UMKM di pedesaan sudah memulai memiliki sertifikasi hasil produksinya. Setelah memperoleh sertifikasi itu produksi UMKM terus meningkat," katanya lagi.

Diakuinya, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis juga masih belum memiliki data yang valid terkait keberadaan UMKM dan dirinya juga berharap di tahun 2020 mendatang akan melakukan pendataan secara tepat dan efektif.

"Alhamdulillah apa yang telah kami lakukan di 2019 memberikan dampak kepada koperasi dan UMKM. Seperti pengembangan koperasi, bukan hanya aktif saja, akan tetapi aktif dari sisi usaha-usaha yang dijalankan," tambahnya.