budaya

MUI Bengkalis Sehari Sebelum Pengukuhan Lakukan Ziarah Kubur

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:37 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis masa Khidmat 2019-2024 rencana akan dikukuhkan pada Selasa,17 Desember 2019 malam.

Ketua terpilih Ustad H.Amrizal  menyebutkan bahwa sebelum dilaksanakan acara pengukuhan pada Senin,. 16 Desember akan dilaksanakan ziarah kubur kesejumlah tempat mantan ketua MUI sebelumnya.

"Rencana kita seluruh pengurus yang akan dikukuhkan melaksanakan kegiatan ziarah kubur di mulai Ba'da sholat Asyar di tiga makam yakni makam UsH.tad Abdullah Nur (Andak Dolah), makam,Ustadz H. Mil,makam Ustad H. Rahman D dan kita berkumpul di mesjid Agung Istiqomah Bengkalis,"kata Ketua MUI terpilih Amrizal, Minggu, (15/12/2019).

Dari tiga makam tersebut dikatakan Amrizal, Almarhum H.Abdullah Nur atau lebih dikenal dengan panggilan Andak Dolah adalah putra dari pasangan H. Muhammad Nur dan Mardiah. Ia lahir di Bengkalis tahun 1910 dan wafat tahun 1997 dimakamkan di Kelapapati Laut. Ia memiliki dua orang istri, Sri Banun dan Juriah. 

Sementara Ustadz H.Mil merupakan  Ketua MUI Bengkalis Masa khidmat 2003-2008. Ustadz Mil termasuk salah seorang tokoh ulama kharismatik dan cukup berpengaruh di wilayah Bengkalis dan sekitarnya dalam rentang waktu 1942 - 2013. Beliau lahir di Sungai Pakning, 20 Nopember 1918, anak kedua dari tujuh bersaudara. Ayahnya adalah seorang petani karet. Dalam Usia 5 tahun ia telah ditinggal oleh Ayahnya. Sepeninggal ayahnya, ia menjadi tulang punggung keluarga bersama abangnya.

"Untuk H.A.Rahman D beliau juga pernah menjadi ketua MUI di Bengkalis, beliau sosok yang bersahaja dan dekat dengan masyarakat," pungkasnya.