budaya

Pengurus MUI Masa Khidmat 2019-2024 Lakukan Ziarah ke Makam Mantan Ketua MUI

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:37 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Pengurus Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Bengkalis pada Senin, 16 Desember 2019 melaksanakan kegiatan ziarah kubur ke tiga lokasi makam mantan ketua MUI Kabupaten Bengkalis sebelumnya. 

Ziarah makam dipimpin Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, H Amrizal dan Ustadz Ahmad Fadhli Saputra, bersama sejumlah pengurus yang akan berkhidmat selama 2019-2024. 

Ziarah pertama ke makam H Abdullah Nur atau yang dikenal dengan panggilan Andak Dolah, di Kelapapati Laut, Kecamatan Bengkalis, merupakan Ketua MUI Pertama Kabupaten Bengkalis yang wafat pada tahun 1997.

Seusai berziarah ke makam Andak Dolah, rombongan kemudian melanjutkan ziarah ke makam H Ustaz Mil dan makam H A Rahman D, di tempat pemakaman taman layu, Rimba Sekampung, Kecamatan Bengkalis.

H Ustaz Mil, merupakan salah seorang tokoh ulama kharismatik Bengkalis ini pernah menjabat sebagai Ketua MUI di tahun 2003-2008. Beliau wafat sekitar 5 tahun berselang memimpin MUI Kabupaten Bengkalis, yakni pada tahun 2013.

Sedangkan H A Rahman D, mantan Ketua MUI Kabupaten Bengkalis priode 2014 hingga 2019 ini, meninggal dunia pada tahun 2015 dan kemudian MUI Bengkalis dipimpin oleh H Amrizal hingga masa kepengurusan berakhir dan saat ini kembali terpilih untuk priode 2019-2014.

H Rahman D juga merupakan tokoh yang berdedikasi tinggi untuk kemajuan agama dan daerah, ia juga diketahui merupakan salah seorang Dosen STAI Al Kautsar Bengkalis, yang sekarang telah menjadi negeri.

“Kegiatan ini bermaksud untuk mengenang jasa-jasa dan mendoakan orang-orang tua kita terdahulu yang sempat menjadi Ketua MUI Bengkalis. Semoga dedikasi mereka terhadap daerah dan negara melalui kepengurusan MUI dapat menjadi contoh bagi kita yang melanjutkan perjuangan mereka,” tutur H Amrizal.

Menurutnya, ini juga bentuk penghormatan sebelum ia dan pengurus yang diamanahkan dikukuhkan menjadi pengurus MUI Kabupaten Bengkalis pada Selasa,(17/12/2019) malam ba'da sholat Isa di mesjid Agung Istiqomah kota Bengkalis, Mudah-mudahan dengan demikian pengurus dapat menjalankan tugas sebagaimana harapan tokoh-tokoh terdahulu.