kesehatan

Artis Taiwan dan Malaysia di Periksa Sebelum Manggung di Bengkalis

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:33 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Dalam rangka perayaan tahun baru cina atau imlek 2571 pada acara hiburan Kamis, 30 Januari 2020 warga Tionghoa akan di suguhkan dengan penampilan artis dari negara Taiwan.

Sehubungan dengan merebaknya virus Corona di beberapa negara kedatangan artis tersebut harus dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Empat orang Artis asal Taiwan dan Malaysia yang akan menghibur warga masyarakat keturunan Tionghoa di Kelenteng Hock Ann Kiong Bengkalis dalam perayaan Imlek dilakukan pemeriksaan oleh pihak Dinas Kesehatan Bengkalis.

Hal tersebut dilakukan pihak Dinkes Bengkalis untuk pencegahan indikasi Virus Corona dengan menggunakan alat Forehead Thermometer. Hal tersebut disampaikan Alwizar SKM Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Bengkalis, kepada wartawan, Rabu 29 Januari 2020.

Kembali diutarakan Alwizar, bahwa tim terpadu Diskes yang turun kelapangan adalah dr. Harris Wahyu dari Puskesmas Bengkalis.

"Intinya kita sudah melakukan berbagai upaya yang bersifat cegah dan tangkal masuknya virus Corona ke Kabupaten Bengkalis ini. Upaya tersebut antara lain mengaktifkan Sistem Kewaspadaan Dini di seluruh wilayah dan memaksimalkan upaya deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan penumpang yang turun pada 2 pelabuhan,"ungkap Alwizar.

Dua pelabuhan yang dimaksud tersebut diantaranya, pelabuhan Bandar Sri Setia Raja di Selatbaru dan Bandar Laksamana di Kecamatan Bengkalis.

Disamping itu, juga dilakukan Screening terhadap ABK Kapal Cargo di Pelabuhan Pertamina Sri Pakning. 

"Upaya deteksi di pelabuhan ini berkerjasama dengan KKP. Upaya yang kedua adalah menyiapkan fasilitas di RSUD Bengkalis sebagai Pelayanan Sementara sebelum dirujuk ke rumah sakit rujukan,"ungkapnya lagi.

"Kemaren pada Selasa 28 Januari. Kita bersama Tim lintas Sektoral juga memeriksa pelaksanaan kesiap siagaan deteksi dini di Pelabuhan BSSR Selatbaru. Dan hari ini, kita juga meninjau kesiapan RSUD Bengkalis bersama Sekda Bengkalis. Dan dilanjutkan dengan menscreening 4 orang artis WNA yang masuk Bengkalis,"ungkapnya.