budaya

Tarian Dayak Sambut Peserta HPN di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Oleh: Mohammad Fiza Edwinsyah Editor: Mohammad Fiza Edwinsyah 10 May 2020 - 11:32 bengkalis

KBRN, Banjarmasin : Berbeda dengan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya lalu,  HPN tahun 2020 yang dipusatkan di Banjarmasin Kalimantan Selatan punya nuansa etnis daerah tersendiri. Peserta yang datang dari berbagai daerah di penjuri Indonesia di suguhkan dengan atraksi tarian tradisional yang cukup menarik di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Penyambutan ala Banjarmasin itu pun disambut antusias peserta.

Seperti penyambutan yang dilakukan pihak panitia kepada rombongan HPN Propinsi Riau yang tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Jumat siang (07/02/2020). Rombongan yang dipimpin langsung Ketua PWI Riau, Zulhamsyah Sekedang antusias dengan penyambutan yang dilakukan dengan menampilan dua penari adat. Pakaian adat yang dikenakan amat menarik hingga menarik peserta untuk mengabadikan moment  berharga ini.

"Tarian ini sengaja kami hadirkan untuk menyambut tamu yang datang. Namanya tarian dayak. Ini bercerita seperti panglima perang," ujar panitia HPN S. Riadi kepada Peserta dari PWI Bengkalis 

Dijelaskannya Kalsel memang tampil beda pada pelaksanaan HPN 2020 ini. Selain tarian menyambut peserta di bandara ini, pojok HPN di sudut bandara juga di kemas seapik mungkin untuk sesi poto tamu yang datang. Tidak hanya itu berpuluh puluh nasi kuning lengkap dengan lauk pauk juga disajikan untuk tamu yang datang dari jauh.

"Kehormatan bagi kami menyambut tamu yang datang ke sini. Mudah-mudahan sambutan kami tak mengecewakan," ungkap Riadi lagi.

Sementara itu saat diminta dua penari yang memperoleh prestasi terbaik di festifal tarian di Bali memperagakan tarian Suku Dayaknya. Pekiknya khas suku Dayak membuat mata teruju kepada kedua penari profesional itu.

"Luar biasa penampilannya," ujar Ketua PWI Bengkalis Alfisnardo yang memimpin langsung rombongan PWI Bengkalis. (MFE)