daerah

Kisah Pilu, Pasca Ditetapkan Tersangka, Plt Bupati Bengkalis"Muhammad" Masuk DPO Polda Riau

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:30 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Miris memang, Kabupaten Bengkalis sejak ditahannya Bupati Amril Mukminin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kini Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Muhammad ditetapkan pula sebagai tersangka tidak hanya tersangka penyidik Polda Riau telah mengeluarkan surat bahwa Muhammad masuk daftar pencarian orang (DPO).

Tercatat dalam sejarah Bengkalis seorang pimpinan daerahnya menjadi DPO karena ini blm pernah terjadi, hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga Bengkalis, Mijan (49 tahun) ketika berbincang-bincang di sebuah kedai kopi.

Mijan menyebutkan kejadian ini, Bengkalis telah kehilangan pemimpin dan berharap gubernur segera menyikapi kondisi ini.

"Kita berharap gubernur segera menyikapi kondisi Bengkalis saat ini apalagi telah memasuki pelaksaan kegiatan proyek,"ungkap pria ini.

Sebagai mana di ketahui Plt Bupati  Muhammad resmi masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) setelah mangkir tiga kali dari pemeriksaan penyidik Polda Riau. 

Dia tidak pernah mengindahkan panggilan penyidik untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pipa transmisi PDAM di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Pasca penetapan DPO, Muhammad kini tidak diketahui keberadaannya. Ia pun tidak berada di kediaman dinas wakil bupati Bengkalis.

"Bapak tidak ada bang, memang belum ada pulang setelah pesta nikah (anaknya) kemarin, " ungkap petugas Satpol PP yang menjaga kediaman dinasnya kepada wartawan, Kamis (5/3/2020). 

Menurutnya, Muhammad biasanya sering kembali ke kediaman dinas. Namun setelah selesai pesta nikah belum tampak pulang. 

"Sebelum jadi plt sering juga pulang, tapi ini belum nampak lagi, " singkat petugas. 

Kepala Bagian Prokopim Sekretariat Pemerintah Kabupaten Bengkalis Muhammad Fadhli saat dihubungi menyatakan, agenda Plt Bupati kosong dalam dua hari belakangan ini. Terakhir agenda Plt Bupati Muhammad memimpin apel siaga bencana asap akibat bencana karhutla, Senin kemarin. Tapi Muhammad berhalangan hadir. 

"Agendanya pak Plt terakhir Senin kemarin apel karhutla, " ungkap Kabag Prokopim. 

Disinggung penetapan DPO terhadap Plt Bupati Bengkalis Muhammad oleh Polda Riau, Fadhli enggan menanggapi. 

"Kita belum dapat informasi itu. Belum ada surat resmi DPO nya, "singkatnya.