pendidikan

Disdik Bengkalis Gelar Sosialisasi Try Out UN Jenjang SMP/MTs Tahun 2020

Oleh: Maimunah Editor: Maimunah 10 May 2020 - 11:30 bengkalis

KBRN, Bengkalis: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis selama 2 hari, Kamis hingga Jum’at menggelar kegiatan Sosialisasi Try Out Ujian Nasional Jenjang SMP/MTs Kabupaten Bengkalis Tahun 2020.

Kegiatan yang dibuka resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis diwakili sekretaris Disdik Bengkalis Agusil Fridimalis pada Kamis (5/03/2020) Sore bertempat di salah satu Aula Hotel di Bengkalis.

Pada kesempatan itu Agusil Fridimalis mengatakan  sesuai Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor.0051/P/BSNP/XI/2019 tentang Prosedur Opersional Standar (POS), penyelanggaraan Ujian Nasional bahwa jenjang SMP/MTs akan dilaksanakan serentak pada tanggal 20-23 April 2020.

“Di Kabupaten Bengkalis untuk tahun 2020 ini seluruhnya melaksanakan Ujian Nasional Berbasisi Komputer (UNBK). Jumlah SMP/MTs yang mengikuti UN pada tahun ini sebanyak 153 sekolah terdiri 101 SMP dan 52 MTs dengan jumlah siswa sebanyak 11.382 siswa” kata Agusil Fridimalis”.

Lanjut Agusil Fridimalis Tahun 2020 ini pelaksanaan UN adalah tahun terakhir sesuai dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tentang “Merdeka Belajar” diantaranya Penghapusan USBN menjadi Ujian Sekolah, UN pada Tahun 2021 dihapus.

“Walaupun UN pada tahun depan dan akan digantikan asismen dan survey karakter, saya berharap UN tahun ini memperoleh hasil yang sangat memuaskan. Try Out yang dilaksanakan ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada peserta didik menguasai materi yang diujikan pada Ujian Nasional”ucapnya”.

Ketua Panitia Pelaksana Mukhtar Syayuti yang juga merupakan Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP mengatakan kegiatan ini bertujuan salah satunya adalah mengaplikasikan  dan menerapkan aplikasi Try Out Ujian Nasional secara online sehingga dapat digunakan di Sekolah.

“Tujuan lainnya kegiatan ini adalah mengukur kemampuan siswa dalam manguasai materi mata pelajaran tertentu. Memudahkan dalam mengerjakan soal-soal Try Out Ujian Nasional yang sudah disediakan dengan system berbasis computer”ujar Mukhtar Syayuti”.

Kegiatan Try Out diikuti sebanyak 153 orang peserta yang berasal dari 11 Kecamatan se-Kebupaten Bengkalis yang sasarannya adalah proktor, serta  hadir Narasumber berjumlah 2 orang dari penyedia jasa aplikasi yaitu  Afrizal.S.Kom dan Dedi.S.Kom.(MY).