daerah

Optimalisasi Pemberdayaan, Kadis PMD Turun ke Desa Beri Motivasi Kepada Masyarakat dan Perangkat Desa

Oleh: Sri Mawarti Editor: Sri Mawarti 10 May 2020 - 11:29 bengkalis

KBRN Bengkalis: Untuk mewujudkan sinergitas program pembangunan pemerintah hingga ketingkat desa. Dibutuhkan kehadiran pemerintah ditengah masyarakat. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis Drs.Yuhelmi,M.Si rutin menyempatkan diri turun ke desa-desa dalam berbagai moment, seperti yang ia lakukan saat kegiatan gebyar hadiah unit usaha simpan Pinjam(USP) desa Kelemantan Kecamatan Bengkalis pada Jumat 13/03/2020.

Selain melihat langsung kondisi desa, Kadis PMD juga menyapa dan berdiskusi serta memberikan motivasi kepada aparat desa dan masyarakat yang hadir.

"Kami memotivasi aparat desa dan warga untuk memanfaatkan dana yang sudah dikucurkan ke Desa dan mari bersama-sama menggali potensi desa untuk kemaslahatan masyarakat "kata Yuhelmi

Para pengelola Bumdesa dituntut dapat berinovasi dan membaca potensi desa sehingga bisa mengembangkan unit usaha lainnya. Para Pendamping desa juga diharapkan bisa melakukan komunikasi yang baik bersama perangkat desa. 

Keuangan desa juga tidak luput dari perhatian Kadis Pmd, ia memerintahkan kepada Koordinator kabupaten bidang ekonomi untuk mengawasi perkembangan kondisi keuangan serta memastikan apakah dana yang masuk sudah benar-benar dimanfaatkan. 

"Pemerintah sudah sangat serius memperhatikan desa, ditandai dengan berbagai program serta mengucurkan dana ke desa-desa, jadi semua desa harus bangkit dan berinovasi agar masyarakat sejahtera dan mandiri"ungkapnya

Meskipun Kepala desa Kelemantan dan Sekdes serta Direktur tidak hadir dalam kegiatan gebyar hadiah USP. Namun Kadis PMD tetap berprasangka baik, ia berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi serta tidak membuat semangat masyarakat surut.

"Warga harus lebih optimis bersama sama membangun desa. Karena sinergitas semua pihak sangat di utamakan dalam mendukung program Pemerintah"kata Yuhelmi

Kadis PMD berharap dana milyaran rupiah yang sudah di kucurkan ke desa hendaknya dimanfaatkan oleh masyarakat bukan hanya unit simpan pinjam namun juga pengembangan usaha lainnya.

Sementara itu Camat Bengkalis Rafli Kurniawan dalam kata sambutannya menyesalkan atas ketidakhadiran Kepala desa dan Sekdes Kelemantan serta Direktur Bumdesa. 

"Kami dari Kabupaten, Kecamatan sengaja hadir datang ke desa Kelemantan ini. Tapi malahan Kepala Desa, Sekdes serta Direktur Bumdesa malah tidak hadir dan telponnya pun tidak aktif. saya pikir ada apa ini, kalau seperti ini miris kita melihatnya"kata rafli

Rafli yakin desa Kelemantan bisa bangkit dan menjadi desa yang maju asalkan para aparat desanya mampu bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Kita punya Pendamping desa, Koordinator Kabupaten, Koordinator Kecamatan, mari konsultasikan bagaimana agar unit usaha Bumdesa berkembang, ekonomi masyarakat meningkat, kan sayang kalau dana milyaran itu mendap di bank. Saya yakin masyarakat butuh dana" ujar Rafli

Hadir dalam kegitan gebyar hadiah USP diantaranya Kasi PMD Kecamatan M.Ihwan Syuhada serta Korcam Bengkalis, pendamping desa dan Ketua BPD Kelemantan.