kesehatan

PN Bengkalis Lakukan Sosialisasi dan Cek Kesehatan Undang Pihak RSUD Bengkalis

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:29 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis lakukan lakukan sosialisasi dan cek kesehatan khusus untuk pegawai dan dewan hakim, pada Rabu, (18/3/2020).

Sosialisasi dan tes kesehatan di buka oleh Ketua PN Rudi Ananta Wijaya,SH  dan didampingi wakil ketua Hendah Karmila Dewi, SH.,MH dan Dewan Hakim serta dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis dr.Said Muzani,. dr.Abdul aziz dan Perawat Firdaus serta diikuti seluruh pegawai.

Ketua PN Rudi Ananta kepada awak media menyebutkan tujuan dari kegiatan ini adalah salah satu cara untuk melakukan tindakan preventif atau pencegahan terkait virus corona yang sudah mewabah.

"Langkah awal yang kita lakukan ya seperti ini kita melakukan kerjasama dengan pihak RSUD untuk memastikan bahwa personil Pengadilan Negeri Bengkalis bisa diketahui status kesehatannya, dan intinya bahwa pengadilan disamping melakukan kesehatan secara fisik ini, fungsi pelayanan, fungsi persidangan agar tetap berjalan dengan semestinya,"kata Rudi Ananta Wijaya,Rabu, (18/3/2020) kepada wartawan.

Ditambahkan Ketua PN hal ini dilakukan atas dasar surat edaran dari sekretaris Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang langkah langkah antisipatif terkait virus corona yang sedang mewabah dan itu di berlaku untuk seluruh lingkungan Mahkamah Agung dan seluruh peradilan dibawahnya.

"Kita berharap dengan tes kesehatan ini seluruh pegawai PN Bengkalis dalam keadaan sehat dan tidak ada yang terpapar khususnya terkait dengan corona,"kata Rudi Ananta lagi.

Untuk pencegahan virus corona PN Bengkalis juga melakukan pembatasan jumlah kunjungan, dan ini termasuk tindakan proventif,hal ini juga dalam surat edaran bahwa ketua pengadilan punya kewenangan membatasi kunjungan yang akan datang di pengadilan, begitu juga dengan tahanan yang akan di sidang juga sebelum masuk ke arena PN akan dilakukan pengecekan suhu badan.

"Ya seperti disampaikan oleh tim medis bahwa penyebaran virus ini termasuk cepat di dekat perkumpulan orang-orang apalagi yang datang kita tidak tau asal usulnya dari mana saja," kata Ketua PN lagi.

Ditambahakan Rudi Ananta bahwa dqri rangkaian kegiatan ini PN dapat informasi dari pihak RSUD bahwa PN Bengkalis adalah institusi yang pertama yang telah melakukan cek kesehatan terkait virus corona sekaligus sosialisasi langkah langkah preventif, seperti pencegahan dengan melakukan cuci tangan secara tepat dan benar.

Dia berharap hendaknya hal yang sama diikuti oleh instansi atau institusi yang lain agar penularan virus ini dapat di cegah.

Sementara dr.Said Muzani menyebutkan bahwa hasil dari tes kesehatan semuanya dalam kondisi sehat dan suhu badan yang di tes semuanya dalam keadaan normal.

"Hasil tes semuanya sehat dan hendaknya ini bisa diikuti oleh institusi yang lain, pihak RSUD siap memberikan sosialisasi terkait pencegahan virus corona dan cara pola hidup sehat,"pungkas dr.Said Muzani.