daerah

Mesin Tambahan di PLN Bengkalis Kini Sudah Beroperasi

Oleh: T.S.M.Iqbal Editor: T.S.M.Iqbal 10 May 2020 - 11:28 bengkalis
KBRN, Bengkalis : Daya mampu listrik di Pulau Bengkalis atau ke pelanggan di dua kecamatan, Bengkalis dan Bantan bertambah. Dari sebelumnya hanya sekitar 20 megawatt (MW) pada beban puncak 19,7 MW, sekarang menjadi 23,1 MW setelah tujuh unit mesin tambahan relokasi selesai pekerjaan perakitan dan sukses uji coba pengoperasian ke sistem.

Ketujuh unit mesin tambahan yang akan menyuplai daya mampu 3 MW itu, tiba pada Februari 2020 lalu dan lebih cepat tuntas dikerjakan, semula ditargetkan selesai pada akhir Maret 2020 mendatang.

"Alhamdulillah telah dapat diselesaikan pekerjaan instalasinya dan telah beroperasi 15 Maret kemarin. Saat ini mesin beroperasi dengan baik, dengan beroperasinya mesin tersebut daya mampu pembangkit PLTD Bengkalis  saat ini menjadi 23,100 MW sedangkan Beban Puncak tertinggi 19,7 MW,"  ungkap Iwan Eka Putra, Manajer Unit Layanan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (ULPLTD) Bagan Besar Bengkalis Kepulauan Meranti saat berbincang-bincang dengan RRI, Kamis (19/3/2020) petang.

Menurut Iwan, sehingga ketersediaan daya sistim pembangkit dalam kondisi aman dimana saat ini PLN memiliki cadangan daya 3,4 MW dari kebutuhan Pulau Bengkalis.

Disamping itu, pria dikenal ramah ini menyebutkan, dengan bertambahnya ketersediaan daya ini dapat meningkatkan keandalan dalam menjaga kecukupan daya saat adanya pemeliharaan mesin pembangkit kedepannya, dan mengantisipasi lonjakan beban yang akan terjadi.

"Dengan tersedianya daya ini dapat meningkatkan keandalan dalam menjaga kecukupan daya saat adanya pemeliharaan dan kemudian tidak lama lagi menghadapi Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri tahun ini," katanya lagi.