publik

Masyarakat Bengkalis Yang Baru Pulang Dari Malaysia Diminta Lakukan Pengecekan Kesehatan di Puskesmas

Oleh: Mohammad Fiza Edwinsyah Editor: Mohammad Fiza Edwinsyah 10 May 2020 - 11:28 bengkalis

KBRN, Bengkalis : Pasca diberlakukannya kebijakan Lockdown di negara Malaysia pertanggal 18 Maret 2020, sejumlah pintu masuk dan keluar dari Malaysia ditutup, namun ada juga yang masih buka seperti di pelabuhan Muar Malaysia.

Dengan masih dibukanya pintu keluar dan masuk dengan syarat oleh otoritas pelabuhan Malaysia yang ketentuannya bagi warga negara luar malaysia saja yang boleh keluar dan hanya warga negara malaysia saja yang bisa masuk, hal ini dimanfaatkan masyarakat Bengkalis yang bekerja di Malaysia pulang kampung. 

Namun hal ini dikahawtirkan oleh pemerintah daerah Bengkalis, dimana saat ini pasien terduga terinfeksi virus covid 19 atau corona yang mendapat perawatan secara intensif dan dilakukan isolasi terhadap pasien, rata rata punya riwayat baru pulang dari Malaysia yang diketahui Negara Malaysia telah lebih dulu dinyatakan sebagai wilayah pandemi Corona, untuk itu per tanggal 20 maret 2020 pelabuhan internasional selatbaru ditutup sementara oleh pemda Bengkalis melalui Dinas Perhubungan.

Dengan adanya arus balik dari Malaysia oleh sejumlah WNI, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Bengkalis menghimbau kepada warga masyarakat yang baru pulang dari malaysia untuk dapat memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas.

"Untuk masyarakat yang baru pulang dari malaysia dan kembali ke kampung halamannya, itu saya mintakan untuk melakukan kontrol kesehatan ke fasilitas kesehatan di puskesmas terdekat. Jadi kontrolkan diri kita apabila ada gejala batuk demam dan radang tenggorokan segera dan segera, jangan ditunda biar kita dapat memberikan penanganan yang cepat , dan bukan berarti semua yang batuk dan infeksi saluran pernafasan terjangkiti covid 19 atau corona tetapi ini salah satu penyebab daya tahan tubuh kita turun, dan itu yang harus kita kontrol dan kita pantau" Ungkap Ersan saat dikonfirmasi rri.co.id , jumat (20/3/2020) lalu.

Lebih lanjut dr. Ersan mengatakan kepada masyarakat yang baru pulang dari Malaysia untuk sesegera mungkin melakukan pengecekan kesehatan di puskesmas terdekat ataupun langsung ke rumah sakit, dan kontrol tersebut secara gratis dan tidak dipingut biaya, serta sampaikan  kepada petugas medis punya riwayat pulang dari Malaysia. 

"Saya sangat sangat sarankan untuk berobat ke puskesmas ataupun boleh langsung ke rumah sakit dan itu kalau di puskesmas sudah kita nyatakan tidak akan dipungut biaya, pokoknya lakukan kontrol dan juga kepada masyarakat dan keluarga tolong sarankan kepada keluarga kita yang baru pulang dari malaysia untuk melakukan  kontrol ke puskesmas" Tutupnya lagi. (MFE)