kesehatan

Puskesmas Meskom Penuhi Kebutuhan Layanan Kesehatan

Oleh: Sri Mawarti Editor: Sri Mawarti 10 May 2020 - 11:27 bengkalis

KBRN Bengkalis: Masyakarat Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis saat ini sudah dapat menikmati pelayanan kesehatan tersedianya 1 unit Puskesmas rawat inap dan ambulance dengan mudah dan dekat dengan tempat tinggal. 

Kepala desa Meskom Usman kepada RRI pada Senin sore (06/04), menjelaskan sarana kesehatan puskesmas yang berdiri di desanya, dimulai dengan pengadaan lahan untuk pembangunan dari Alokasi Dana Desa tahun 2018. Tujuan pengadaan lahan tersebut untuk mempercepat proses pembangunan puskesmas dengan sumber anggaran dari DAK Kabupaten Bengkalis. 

"Kami bersyukur puskesmas rawat inap ini dibangun di desa Meskom, dibangun dari Dana Alokasi Khusus dari pusat melalui dinas Kesehatan, dan kami mendukung penuh dengan menyediakan lahan untuk pembangunan puskesmas, yang juga dijadikan alternatif jika RSUD Bengkalis melebihi kapasitas"kata Usman

Salah satu warga Meskom, Hasyim membenarkan saat ini masyarakat sangat terbantu dengan telah dibangunnya puskesmas dan 1 unit ambulance, sangat mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan kendati ada beberapa fasilitas lainnya yang harus dilengkapi.

"Senang hati karena selama ini susah payah kalau ada warga  yang sakit disini hambatannya agak jauh, jadi dengan adanya puskesmas ini kami sangat bersyukur, dengan fasilitas yang dimiliki puskesmas Meskom sekarang ini" kata Hasyim

Warga desa Meskom sangat antusias dengan tersedianya fasilitas kesehatan di desanya, disertai harapan juga dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat diluar desa Meskom. 

Sementara itu menjawab tentang tentang keberadaan puskesmas di desa Meskom, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat (PMD) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi kepada RRI pada Senin sore (06/04),  usai meninjau puskesmas tersebut menjelaskan pembangunan puskesmas desa Meskom diawali dengan inisiatif warga dengan menyediakan lahan untuk pembangunan puskesmas, kemudian anggaran untuk pembangunannya disediakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Bengkalis. 

"Sebagai tanda bahwa Kepala desanya mampu mengajak masyarakat terutama dalam aspek kesehatan seperti dalam halnya pengadaan tanah pembangunan puskesmas. Kam memberikan apresiasi kepada Kepala desa Meskom. Alhamdulillah dan ini tentunya mempunyai nilai tambah bagi masyarakat yang ada di desa Meskom" jelas Yuhelmi

Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan akan menambah berbagai fasilitas untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan di puskesmas Meskom, termasuk penambahan ruang rawat inap dan tenaga medis.