suara-rakyat

PLN Bengkalis Sampaikan Tak Ada Subsidi Silang Antar Pelanggan

Oleh: Mohammad Fiza Edwinsyah Editor: Mohammad Fiza Edwinsyah 10 May 2020 - 11:27 bengkalis

KBRN, Bengkalis : Saat ini berkembang  isu ada subsidi silang dari pelanggan PLN non subsidi kepada pelanggan bersubsidi sehingga pelanggan bersubsidi tidak mendapatkan keringanan pembayaran listrik untuk bulan ini. Namun demikian, pihak PLN secara tegas membantah.

“Tidak benar  itu, tidak ada subsidi silang dari pelanggan non subsidi kepada pelanggan bersubsidi,” ujar Manager PLN UPT Bengkalis, Danang Nur Hadianto kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Dikatakan, terkait penggratisan bagi pelanggan bersubsidi 450 VA dan hanya membayar  tagihan 50 persen untuk pelanggan bersubsidi 900 VA, merupakan resmi program Pemerintah. Pemotongan tersebut sama sekali tidak dibebankan kepada pelanggan non  subsidi.

“Informasi resminya bisa dicek di akun resmi PLN, salah satunya akun instagram @plnriaukepri. Disitu tertera berapa tarif listrik untuk pelanggan non subsidi, tidak ada  perubahan,” ujarnya.

Danang yang baru hitungan hari menggantikan Hasdedy sebagai Manager PLN UPT Bengkalis ini mengatakan, terkait informasi yang beredar di media sosial bahwa ada pelanggan non subsidi yang tagihan listriknya bulan ini naik, bisa jadi karena dalam tiga bulan terakhir setelah dirata-ratakan pemakaian listriknya tinggi.

“Karena kan untuk pelanggan non subsidi, tagihan bulan ini dihitung berdasarkan pemakaian rata-rata tiga bulan terakhir,” katanya.

Namun demikian, sambung Danang lagi untuk memastikan benar tidaknya  tagihan listrik yang dibayar oleh pelanggan non subsidi tersebut, dirinya menyarankan kepada pelanggan bersangkutan untuk menanyakan  langsung ke kantor PLN. “Nanti di situ kelihatan mengapa tagihannya bisa segitu,” kata Danang  lagi.