Sepak Bola

Fakta Pralaga Semifinal Prancis Vs Mali

Oleh: Rifki Editor: Cecep Jaiddin 27 Nov 2023 - 18:15 Pusat Pemberitaan

KBRN, Jakarta: Timnas Prancis U-17 akan berjumpa Timnas Mali U-17 pada babak semifinal Piala Dunia U-17 2023. Laga ini akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Prancis lolos ke semifinal usai menang 1-0 atas Uzbekistan pada 8 Besar. Les Bleuets mampu meredam Uzbekistan yang punya kepercayaan diri tinggi usai menyingkirkan Inggris di 16 besar.

Sementara, Mali tampil impresif pada dua laga fase gugur. Pada 16 Besar, Mali menang 5-0 atas Meksiko dan pada 8 Besar, Mali mengalahkan Maroko.

Prancis di atas kertas tentu lebih diunggulkan ketimbang Mali. Runner up Euro U-17 2022 ini memiliki pertahanan kokoh dengan menjadi satu-satunya tim yang sejauh ini belum kebobolan.

Dari sisi penyerangan, Les Bleus mempunyai kekuatan terbilang cukup merata. Ada Joan Tincres sebagai top skor dengan tiga gol, dan ada lima pemain lain yang sudah mencatatkan nama di papan skor.

Pelatih Prancis U-17, Jean-Luc Vannuchi menyebut, penjaga gawang Pau Argney menjadi kunci keberhasilan Les Bleus lolos ke semifinal. Vannuchi berharap Argney mampu menunjukkan performa konsisten di sisa laga Piala Dunia U17 2023. 

"Kami memiliki kiper yang bagus, tetapi lawan juga memiliki permainan yang solid dan kompak. Sekarang, fokus kami adalah melakukan pemulihan fisik dan menganalisa lawan," kata Jean-Luc Vannuchi pada konferensi pers sebelum pertandingan.

Di sisi lain, pelatih Mali U-17, Soumalia Coulibaly, yakin timnya bisa mengalahkan Prancis di babak semifinal dan melaju ke final. Kendati Les Bleus belum pernah kebobolan, sang juru taktik yakin anak asuhnya bisa membobol gawang Pau Argney. 

"Kami tidak berpikir Prancis tidak bisa kebobolan, apalagi kami memiliki pemain-pemain yang bisa mencetak gol dari lini depan hingga belakang. Semoga, kami bisa mencetak gol lebih banyak," kata Coulibaly.

Dari catatan prestasi, Skuad asuhan Jean-Luc Vannuchi memang punya pencapaian yang lebih mentereng. Sebab, mereka sudah pernah meraih gelar juara di Piala Dunia U-17 pada edisi 2001.

Sementara Mali hanya bisa mencapai posisi runner-up pada 2015. Namun, catatan inilah yang tampaknya bakal membakar semangat skuad asuhan Soumalia Coulibaly untuk merebut trofi pertamanya di kejuaraan ini.

Duel Prancis vs Mali di semifinal Piala Dunia U-17 2023 akan menjadi pertemuan pertama kedua tim di semua ajang. Les Bleus tak terkalahkan di lima laga terakhir, sementara Les Aglies mencatatkan empat kemenangan dan satu kali kalah dari lima pertandingan sebelumnya.

Perkiraan Susunan Pemain:

Timnas Prancis (4-1-4-1): Paul Argney; Aymen Sadi, Bastien Meupiyou, Joachim Kayi Sanda, Yvan Titi; Mathis Amougou; Saimon Bouabre, Fode Sylla, Ismael Bouneb, Tidiam Gomis; Mathias Lambourde.

Pelatih: Jean Luc Vannuchi.

Timnas Mali U-17 (4-2-3-1): Bourama Kone; Souleymane Sanogo, Baye Coulibaly, Issa Traore, Moussa Traore; Sékou Kone, Hamidou Makalou; Ibrahim Diarra, Ange Martial Tia, Mahamoud Barry; Ibrahim Kanate.

Pelatih: Soumaila Coulibaly.