kesra

Pemerintah dan Petani Diminta Tingkatkan Kualitas Produksi Kopi Bengkulu

Oleh: Roki EP Editor: Roki EP 10 May 2020 - 11:29 bengkulu

KBRN, Bengkulu : Hari iniRabu, 11 Maret 2020, merupakan momen Hari Kopi Nasional.

Momen ini diperingati oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dan pada saat yang sama dilakukan Ngopi Bareng Kopi Standar Nasional Indonesia (SNI) di 5 Kantor Layanan Teknis (KLT) Badan Standardisasi Nasional (BSN), yakni Bandung, Surabaya, Makassar, Palembang dan Pekan Baru, serta beberapa Bandara serta Pelabuhan.

Pada momen ini, Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengajak millenial Bengkulu untuk ikut mengembangkan kopi Bengkulu,dengan cara membeli produk kopi lokal, mempromosikannya, atau terjun langsung sebagai petani kopi.

"Kopi Bengkulu telah banyak diakui sebagai yang salah satu yang terbaik. Eksistensinya juga telah diperhitungkan ketika Bengkulu masuk dalam Segitiga Emas Robusta di pulau Sumatera. Ini peluang emas untuk generasi muda tampil dan menjadi pelaku usaha besar kopi dunia di masa yang akan datang," kata Riri, Rabu (11/3/2020).

Selain itu Senator Bengkulu ini menjelaskan, Hari Kopi Nasional ini hendaknya juga menjadi momen bagi pemerintah dan petani, untuk membenahi semua kekurangandan tantangan yang ada,dalam meningkatkan kualitas produksi kopi Bengkulu agar bisa menembus pasar dunia.

"Masalah kualitas produksi ini menjadi urgen untuk segera dibenahi karena memang kunci agar kopi Bengkulu bisa jadi raja di pasar dunia ada dalam kualitas. Apalagi tidak lama lagi Bengkulu akan jadi tuan rumah perayaan Hari Kopi Internasional 2020," ujar Riri.

Lebih lanjut Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkuluini berharap, para petani mendapatkan pendampingan terbaik sejak mulai menanam kopi, saat panen maupun pascapanen sehingga kopi Bengkulu mampu memenuhi kopi dengan kualitas standar internasional.

"Selamat Hari Kopi Nasional. Ayo ngopi Bengkulu, jaga silaturahmi selalu, buang kegelisahanmu. Semoga pada Hari Kopi Internasional 2020 di Bengkulu nanti bisa jadi pemicu kebangkitan dan kemajuan kopi di Bumi Raffelesia," demikian Riri Damayanti.

Sementara untuk diketahui, Hari Kopi Nasional diperingati sebagai salah satu momentum menggalakkan usaha di bidang perkopian di Indonesia.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu terus berusaha menggenjot kopi Bengkulu sebagai salah satu komoditas unggulan daerah agar semakin dikenal dengan cara melakukan branding, perluasan pemasaran hingga kerjasama dengan berbagai pihak.

Tahun 2018, Bengkulu telah memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia.

Lalu pada akhir tahun 2019 lalu, kopi Bengkulu berhasil menyabet tiga kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis.