olahraga

400 Atlet Ikuti Kejuaraan Renang di Bengkulu

Oleh: Sofia Harianja Editor: Sofia Harianja 10 May 2020 - 11:29 bengkulu
BENGKULU, KBRN: Sekitar 415 atlet renang dari 37 perkumpulan renang yang ada di Pulau Sumatera mengikuti kejuaraan renang yang diselenggarakan di Kota Bengkulu mulai 14-15 Maret 2020.

Kejuaraan bertajuk Tirta Cempaka Fun Swimming Championship I Sumatera Tahun 2020 itu diikuti atlet renang asal Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Kepulauan Riau dan tuan rumah Bengkulu.

Ketua Pelaksana, Jimi Ardianto, memaparkan kejuaraan ini akan mempertandingkan enam kelompok umur (KU). Masing-masing KU I untuk 18 tahun; KU II (14-15 tahun); KU III (12-13 tahun); KU IV (10-11 tahun); KU V (08-09 tahun); dan KU VI (06-07 tahun).

"Adapun jumlah lomba yang dipertandingkan adalah 112 nomor. Ada 1.100 nomor yang diambil oleh peserta. Jadi acara kita sangat padat selama dua hari ke depan," urainya.

Ardi menambahkan, terselenggaranya kejuaraan ini berkat kerja sama Perkumpulan Renang Tirta Cempaka, Pemprov PRSI Bengkulu, Dispora Provinsi dan berbagai pihak lainnya. Untuk itu ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih.

"Dengan kekompakan seluruh tim, kita bisa saksikan venue seperti ini. Mungkin ini yang pertama di Bengkulu. Terima kasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak," ujar Ardi.

Sistem pertandingan yang dipakai, kata Ardi, adalah final rule yang didukung dengan aplikasi PRSI.

"Kami berharap Tirta Cempaka Fun Swimming Championship ini dapat menjadi titik ukur untuk menghadapi Porprov nanti dan agenda-agenda olahraga renang ke depan seperti festival aquatik di Jakarta pada bulan April dan lainnya," jelas Ardi.


Sementara itu, Ketua Pengprov PRSI Bengkulu, Erna Sari Dewi, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut dalam upaya membangun prestasi renang Bengkulu dan Sumatera.

"Kita apresiasi kompetisi ini karena dengan keterbatasan kita tetap bisa gelar demi membangun olahraga renang di Bengkulu, khususnya.
Saya juga berharap dengan dukungan Dispora dan sebagai bagian di DPRD, anggaran untuk renang ini agar dianggarkan," kata Erna.

Erna menambahkan, saat ini Bengkulu sendiri sudah punya sejumlah atlet yang mampu ukir prestasi di level nasional. Karena itu ia juga berharap ajang ini bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi ke level yang lebih tinggi.
 
"Kami juga mohon maaf jika ada kekurangan-kekurangan. Dan kekurangan itu akan menjadi bahan evaluasi kami agar bisa lebih baik ke depan. Yang terpenting adalah semangat kita bersama untuk kemajuan renang," imbuhnya.

Erna juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang berpartisipasi demi suksesnya acara. "Saya memang baru dua bulan jabat ketua PRSI dan kiranya bisa berbuat banyak untuk renang Bengkulu," kata dia.

Erna menandaskan, selain pembinaan prestasi, even ini juga merupakan upaya promosi potensi wisata Bengkulu. "Kita harapkan agenda ini bisa digelar setiap tahun sehingga ada banyak atlet Bengkulu atau asal Sumatera yang berprestasi di level yang lebih tinggi," katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi berharap kepada Erna Sari Dewi sebagai Ketua PRSI Bengkulu yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi bisa memperjuangkan anggaran untuk membangun cabang olahraga renang Bengkulu.

"Karena beliau itu hobi renang dan masa remajanya banyak dihabiskan berenang di sini, jadi sangat tepat kalau beliau kini menjadi ketua PRSI Bengkulu," kata Dedy.

Dedy menegaskan komitmen Pemkot Bengkulu yang siap mendukung kemajuan olahraga renang. "Ini adalah juga ajang promosi daerah. Maka itu kami ucapkan selamat datang kepada atlet dari luar Bengkulu. Kalau sarana dan prasarana belum memadai kami mohon maaf," sampai Dedy.