ekonomi

Cegah Penularan Corona Virus, Masyarakat Bengkulu Bisa Manfaatkan Layanan QRIS

Oleh: Roki EP Editor: Roki EP 10 May 2020 - 11:29 bengkulu

KBRN, Bengkulu : Anggota DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia (BI) yang telah meluncurkan layanan sistem keuangan digital QRIS.  

Dimana layanan QRIS di era digitalisasi saat ini semua dalam satu genggaman.

Kebutuhan kita ada dalam gadget kita. Mau beli makanan, transfer uang, bayar tagihan, zakat, infaq, dan sebagainya sudah bisa kita lakukan melalui smartphone," kata Riri.

Dikatakan Senator Bengkulu ini, selain membawa banyak kemudahan, QRIS juga bisa mendorong ekonomi rakyat bergerak melalui sistem pembayaran yang efisien.

"Industri perbankan jeli melihat kondisi ini dan tentunya berperan serta di dalamnya, kecanggihan teknologi menjadikan transaksi non-tunai sebagai langkah efisiensi," paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, faktor keamanan juga menjadi keunggulan QRIS. Bahkanmeminimalisir resiko kehilangan saat membawa uang tunai, dan tentunya menghindari resiko tertular virus-virus melalui media uang kertas.

"Meski unggul dalam faktor efisiensi dan keamanan, tentunya QRIS memiliki tantangan. Butuh masa transisi baik dari PJSP untuk mempersiapkan layanan maupun bagi masyarakat untuk terbiasa dalam menggunakan model transaksi ini. Bagaimana peran kita semua memberi edukasi melalui sosialisasi sistem ini. Masih minimnya literasi keuangan digital di Indonesia, khususnya kota-kota kecil," ujar Riri Damayanti memberikan saran.

Disamping itu Senator muda ini membeberkan, tantangan lainnya adalah kondisi daerah-daerah di Bengkulu yang masih kesulitan jaringan internet, mengingat sistem ini sepenuhnya menggunakan akses internet.

Oleh karena itu menghadapi tantangan-tantangan tersebut, sama-sama harus digiatkan implementasi QRIS satu di provinsi Bengkulu.

“Saya support dan mendukung penuh sistem keuangan digital QRIS, khususnya di Bengkulu. Demi kemudahan bertransaksi, tata kelola keuangan yang baik, UMKM bisa lebih maju, inklusi keuangan di Indonesia lebih cepat dan mendorong peningkatan perekonomian," demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, Quick Response Code Indonesia Standard atau disingkat QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia untuk memudahkan pembayaran transaksi tunai maupun non-tunai dengan mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Bahkan transaksi ini memudahkan seorang pedagang yang mengalami kesulitan dalam menyediakan uang kecil untuk kembalian, mencegah beredarnya uang palsu, kemudahan untuk mengontrol keuangan karena termonitor setiap saat melalui aplikasi smartphone, mengurangi potensi uang hasil penjualan diambil oleh yang tidak berhak, membangun credit profile bagi penyedia pinjaman seperti bank yang akan membuka peluang bagi UMKM untuk pinjaman modal kerja.