sigap

Bantu Kekurangan Persediaan Darah di PMI, Polres Payakumbuh Gelar Aksi Donor

Oleh: Yudi Prama Agustino Editor: Yudi Prama Agustino 10 May 2020 - 11:27 bukittinggi

KBRN, Payakumbuh : Menindaklanjuti instruksi Kapolri terkait Palang Merang Indonesia (PMI) yang mengalami kekurangan persediaan darah, jajaran Polres Payakumbuh, Kamis (9/4/2020), menggelar aksi donor darah yang bekerjasama dengan PMI Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB, diikuti seluruh personel yang biasa mendonorkan darahnya di Rupatama Polres Payakumbuh.

“Kita komit membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah, dimana kondisinya jumlah stok darah tidak sebanding kebutuhan darah masyarakat, apalagi sekarang juga sedang merebak kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), sehingga pasien sangat membutuhkan transfusi darah,” jelasnya.

Dony Setiawan menambahkan, tercatat peserta yang ikut mendonorkan darah berjumlah 98 orang, yang memenuhi syarat pendonor 12 orang, dengan golongan darah A sebanyak 6 orang, golongan darah B sebanyak 2 orang, AB sebanyak 1 orang dan O sebanyak 3 orang.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Sumda Polres Payakumbuh Kompol Russirwan, mengatakan, meskipun peminatnya banyak, tidak banyak personel yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya. 

“Hal ini diduga karena personel banyak yang kurang istirahat dilihat dari tekanan darahnya. Kondisi ini memang dapat dimaklumi karena personel terbagi habis mengikuti kegiatan di posko tanggap corona,” ungkapnya.

Aksi Donor Darah itu juga diikuti Wakapolres Payakumbuh Kompol Arie SN, para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasubbag, Kasi, Perwira dan personel Polres Payakumbuh beserta Polsek se jajaran Polres Payakumbuh. (YPA)