daerah

Pertamina MOR II Sumbagsel Kirim Avtur Helikopter Ke Lokasi Terdekat Karhutla

Oleh: Tatik Wijaya Editor: Tatik Wijaya 10 May 2020 - 11:44 jambi
KBRN,Jambi :  Meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di beberapa titik di Sumatera mendorong Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan untuk mengambil peran dan mendukung penanggulangannya.

Di wilayah Sumbagsel sendiri, terdapat dua wilayah terdampak asap karhutla, yakni Jambi dan Sumatera Selatan dan asap sempat mencapai tingkat yang berbahaya untuk kesehatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat. 

“Saat ini kami mendukung tugas tim penanggulangan karhutla di Jambi dan Sumatera Selatan dengan mengirimkan Avtur untuk bahan bakar helikopter ke titik pengisian yang lebih dekat dengan lokasi kebakaran. Namun tetap, kami memastikan aspek keselamatan tetap yang utama,” jelas General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini,Selasa (24/9/2019).

Dijelaskannya, baik di Jambi maupun Sumatera Selatan, Pertamina mengerahkan truk refueler berkapasitas 16 Kilo Liter (KL) untuk mendukung operasi udara tim penanggulangan karhutla. Untuk di Jambi, saat ini titik pengisian digeser dari Bandara Sultan Thaha ke Helipad Desa Suka Jaya, Musi Banyuasin, sedangkan di Sumatera Selatan digeser dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang ke Helipad Bayung Lincir, Musi Banyuasin.

“Harapannya dukungan ini bisa membantu dan mengoptimalkan tim penanggulangan karhutla dalam memadamkan kebakaran, sehingga secara bertahap asap yang mengganggu dapat hilang dan masyarakat dapat melakukan aktivitasnya seperti biasa kembali,” tutur Primarini.

Selain itu, Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah beberapa kali membagikan masker gratis untuk masyarakat di beberapa titik, dan sedang mempersiapkan pembagian masker di lokasi-lokasi yang terdampak asap.