ekonomi

Rikolto Sebut Koperasi Barokah Jadi Bentuk Pemberdayaan Petani Kecil

Oleh: Renold Putra Editor: Renold Putra 10 May 2020 - 11:42 jambi

KBRN Jambi - Koperasi Barokah dibentuk 2017 berkat kerjasama antara petani kopi, pemerintah daerah dan Rikolto. Barokah saat ini beranggotakan 270 petani kopi di Kecamatan Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan Gunung Tujuh. Barokah dibentuk sebagai wadah bagi petani kopi Arabika yang juga ingin terlibat dalam praktik budidaya kopi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Pendekatan konservasi yang terintegrasi dalam bisnis kopi ini penting dilakukan mengingat wilayah perkebunan kopi yang berdekatan dengan bentang alam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Dengan program pemberdayaan petani kopi di koridor luar TNKS, petani mendapatkan sumber pendapatan yang tetap dari kopi dengan mengelola kebun yang ada, dan tidak memperluas wilayah kebun ke daerah hutan yang dilindungi.

“Sebagai organisasi yang bertujuan memberdayakan petani kecil dengan cara-cara yang tetap menjaga lingkungan, keberhasilan Barokah dalam berbisnis kopi yang diproduksi oleh anggota petani menunjukkan bahwa budidaya kopi yang menggabungkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan dapat dilakukan,” ujar Catur Utami Dewi, Direktur Program Rikolto di Indonesia.

Sekretaris Barokah Abdul Aziz menyatakan bahwa Barokah menargetkan 80 ton penjualan kopi Arabika spesialti di tahun 2019 untuk pasar dalam dan luar negeri. Hingga Oktober 2019, penjualan sudah mencapai 60 ton secara keseluruhan. 

“Ekspor perdana oleh Koperasi Koerintji Barokah Bersama dapat terlaksana berkat dukungan berbagai pihak seperti Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Bank Indonesia, Rikolto, dan semua pihak. Kami berharap dengan ekspor ini, kopi Arabika Sumatera Koerintji dikenal sebagai kopi dari Jambi,” ucapnya.

Sebagai informasi, Indikasi Geografis Kopi Arabika Sumatera Koerintji dikeluarkan tahun 2016. Indikasi Geografis adalah sertifikasi yang dilindungi undang-undang atas produk dengan ciri yang khas dan hanya dihasilkan di wilayah geografis tertentu.

Beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya sertifikat Indikasi Geografis antara lain mendapat perlindungan atas kopi yang diproduksi dan menjamin keaslian produk untuk meyakinkan konsumen terutama yang berasal dari luar negeri karena terhindar dari pemalsuan. Sertifikat Indikasi Geografis juga meningkatkan peluang ekspor kopi Arabika spesialti yang juga akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan petani kopi.