nasional

Kodam Hasanuddin Siapkan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana.

Oleh: Sarifuddin Editor: Sarifuddin 10 May 2020 - 11:42 makassar

KBRN Makassar: Kodam XIV/Hasanuddin menyiapkan bantuan penanggulangan bencana di daerah dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) di Lapangan M. Jusuf Makodam, Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Kamis, (10/10/2019).

Apel gelar pasukan PRCPB tersebut dipimpin Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono, membacakan amanat Pangdam Mayjen TNI Surawahadi, S.IP., M.Si mengatakan, bahwa Apel Gelar Pasukan bertujuan memantapkan dan mensiapsiagakan personel Kodam yang tergabung dalam PRCPB, sekaligus untuk melihat secara langsung alat peralatan yang akan digunakan pada saat penanggulangan bencana.

“Merupakan salah satu bentuk kepedulian Kodam XIV/Hasanuddin dalam membantu Pemda dan masyarakat apabila suatu saat tertimpa bencana, terutama dalam hal evakuasi dan penyelamatan korban yang bersinergi dengan Badan Nasional Bencana Daerah dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana" kata Pangdam.

Mayjen Surawahadi mengharapkan dalam pelaksanaan tugas sebagai PRCPB supaya dilaksanakan dengan optimal dan penuh keikhlasan.

"saya minta kepada para Dansat dan Kabalak yang tergabung dalam PRCPB agar membuat perencanaan persiapan yang optimal sehingga pasukan ini dapat mengantisipasi dengan cepat dan tepat jika suatu saat bencana atau musibah lainnya secara tiba-tiba terjadi di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin" tegasnya.

Usai Apel, Kasdam bersama para pejabat TNI Polri, Pemerintah mengecek kendaraan, alat peralatan maupun sarana prasarana yang digunakan dalam penanggulangan bencana, seperti rakit atau perahu modifikasi buatan Paldam yang terbuat dari drum dan bordes alumunium, termasuk rakit buatan Kodim BS Makassar yang digunakan di lorong-lorong dan berbagai jenis alat berat.

 Menurut Kasdam Brigjen Budi Sulistijono, Kodam Hasanuddin siapkan beberapa alat, termasuk mendesain perahu tradisional buatan, karena sesuai pengalaman bila menggunakan benda karet kurang efektif, di daerah banyak benda tajam sehingga bisa bocor/jebol sehingga  didesain tong-tong plastik seperti perahu untuk dapat digunakan untuk membantu yang tertimpa bencana.

Brigjen Budi Sulistijono menyebut pelibatan personel dari Kodam, XIV/Hasanuddin semua akan dikerahkan, "ini khusus internal Kodam Batalyon, Unit Zeni, Perbekalan, Tim Evakuasi, Medis Kesdam, Bekangdam, Peralatan, Komlek, Penerangan dan juga dihadirkan stakeholder lainnya seperti Damkar dan lainnya, namun manakala terjadi bencana, (kita berharap tidak terjadi).

 “Semua dilibatkan, tidak mengenal Raider, Infanteri, Armed, Satpur/Satbanpur, semuanya kita optimalkan untuk mengatasi bencana di lapangan" ujarnya.

Apel Gelar Pasukan PRCPB dihadiri  Kaskoopsau Marsma TNI Andi Kustoro, Pangkosehanudnas II Marsma TNI Yulianta, Danlantamal VI/Makassar, Laksma TNI Hanarko Djodi Pamungkas, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Adnan, Kepala BPBD Sulsel Drs H Syamsibar, Kepala BWS Pompengan Ir Supardi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Provinsi Sulawesi Selatan, para pejabat TNI-Polri lainnya.(Sarif)