pendidikan

Puskesmas Kalitami, Gelar Kelas Ibu Balita dan Lansia

Oleh: muhrisaldi Editor: muhrisaldi 10 May 2020 - 11:36 manokwari
KBRN Bintuni. Dengan Kekompakkan Puskesmas Kalitami Distrik Kamundan  Melaksanakan Kegiatan Kelas Ibu Balita dan Posyandu Lansia pada waktu bersamaan. Petugas Gizi Sance P. Waney, SKM dan pelaksana progaram lansia Titi Juniati, S.Tr.Keb. Kegiatan Kelas Ibu Balita ini diadakan di Teras dan Posyandu lansia dilaksanakan didalam ruangan  puskesmas kalitami Distrik Kamundan. Minggu (5/1).

Giat tersebut ini mendapat support dan dukungan dari Kepala Puskesmas Kalitami Walik Nabi, Amd. Kep. Serta dihadiri oleh kader-keder Posyandu dan ibu-ibu yang memiliki anak bayi dan balita, sebanyak kurang lebih 60 Ibu balita ikut dalam kegiatan positif tersebut.

Haris, SKM sebagai petugas Promkes dan Sance P. Waney, SKM. Petugas Gizi Puskesmas kepada RRI via WA menjelaskan, tujuan dari kelas ibu balita ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran pemberian ASI secara eksklusif, dan meningkatkan pengetahuan akan pentingnya imunisasi pada bayi.

Selain itu Ini juga dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang cara perawatan gigi balita dan mencuci tangan yang benar, serta meningkatkan pengetahuan tentang penyakit terbanyak, sekaligus cara pencegahan dan perawatan balita. Kegiatan kelas ibu balita disediakan pula pendamping makanan tambahan (PMT) untuk bayi dan balita oleh tenaga Gizi puskesmas. Tutur Haris.

Kegiatan kali ini pula, bersamaan dengan posyandu usia lanjut atau lansia yang dilaksanakan oleh pelaksana tugas bidan Titi Juniati, S.Tr. Keb dan di bantu oleh Deni Nukhotimah, SKM (Petugas Kesling), Rais Fiawe, Smakes, dan Puasa Sasim (Perawat) di ruangan puskesmas. Meski dalam waktu bersamaan kegiatan ini berjalan sesuai harapan dan tujuannya.

Hal ini juga sebagai kader-kader yang hadir, bisa saling membagi tugas antara kegiatan kelas ibu balita dan kegiatan posyandu lansia, karena memang kader posyandu lansia juga merangkap sebagai kader posyandu bayi balita.

Adapun jumlah peserta diantaranya terdiri dari 18 orang usia lanjut dan 11 orang pra usia lanjut, yang semuanya mengikuti kegaitan pelayanan posyandu lansia, seperti biasa di awali dengan senam lansia,  sebelum pemeriksaan tekanan darah, pemerikasaan kolestrol, gula darah, asam urat, timbang berat badan, ukur tinggi badan, serta pengobatan. Kemudian pemberian makanan tambahan atau PMT bagi lansia yang sudah di sediakan oleh masing-masing pelaksana tugas. 
(Reporter : Wawan).