teknologi

Bom diduga bekas perang dunia ke 2 ditemukan di manokwari

Oleh: muhrisaldi Editor: muhrisaldi 10 May 2020 - 11:34 manokwari

KBRN Manokwari, penemuan bom diduga bekas perang dunia ke dua di manokwari pertama kali ditemukan oleh pekerja bangunan perumahan Makmur Perkasa diwilayah Sowi atas nama Yerry. dikali atau disungai kecil didaerah itu pekan lalu

sipenemu memanggil teman se profesi andi untuk mengangkat barang temuannya karena cukup berat dandengan rencana untuk dijual pada pedagang besi tua, namun andi temannya tersebut melarangnya dengan alasan barang temuan tersebut mirip tampilan bom, sehingga dengan keyakinannya melaporkan temuan tersebut kepada pihak keamanan.

setelah melalui proses identifikasi beberapa hari kemudian oleh tim penjinak bom Brimob Papua barat, bom tersebut berjenis mortir diperkirakan sisa perang dunia kedua seberat 1 kwintal lebih dengan ukuran panjang 67 cm dan berdiameter 21 cm, ternyata masih dalam kondisi aktif.

Dansat brimob Papua barat Kombes Polisi Sammy Thabaa menjelaskan Bom pruksi Unaited Kingdom terbuat dari logam dengan isian TNT seberat 64,65 Kg dengan jangkauan serpihan ledakan atau serpihan fragmentasi bisa mencapai 550 meter.

saat ini Bom masih menunggu solusi penanganan selanjutnya oleh pihak keamanan.