pendidikan

37 Siswa SDN Kalitami, Ikut Pelatihan Dokter Kecil.

Oleh: muhrisaldi Editor: muhrisaldi 10 May 2020 - 11:31 manokwari

KBRN Bintuni. SDN kalitami  bersama Puskesmas Kalitami menggelar pelatihan Dokter Kecil, bagi 37 siswa/i  kelas Tiga dan empat di SDN Kalitami, Distrik Kamundan Selasa (18/02/2020).Dengan mengusung Tema 'Sekolahku Sehat, Prestasiku Hebat, Imanku Kuat".

Dalam penjelasannya  kepada RRI via pesan Whatsapp Kepala Sekolah SDN Kalitami Ansyar Mambooe,   S.Pd.I menjelaskan
“Pelatihan dokter kecil bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi dokter kecil yang dapat menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah."
Pelatihan ini juga menjadi pelatihan formal pertama kalinya bagi dokter kecil di SDN Kalitami dan merupakan Dokter Kecil angkatan kedua.

Adapun beberapa materi pelatihan yang diterima oleh peserta pelatihan ini yakni, Usaha Kesehatan Sekolah yang dipaparkan oleh Petugas Promkes sekaligus pembina UKS Harris Laode, SKM. Untuk materi pengenalan obat-obat disampaikan oleh  Hilmawati, A.Md, Farm, sedangkan untuk materi ketiga tentang kesehatan lingkungan oleh Deni Nur khotimah, SKM serta materi yaitu tentang Gizi dengan pemateri Sarce Waney, S.Kep dan materi yang terakhir adalah tentang P3K dibawakan dokter Puskesmas Kalitami Dr. Andre Sipasulta.
Selain teori, peserta pelatihan Dokter Kecil juga berkesmpatan berpraktek  menutup luka dengan benar.

Pada kesempatan yang sama Haris Laode selaku petugas promkes Puskesmas Kalitami menyampaikan, "pelatihan dokter cilik ini untuk pembinaan siswa di sekolah agar dapat menjadi roll model bagi siswa dan dapat membantu temannya disaat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan" ujarnya.

Perlu diketahui, SDN Kalitami merupakan SD pertama di Kabupaten Teluk Bintuni yang mendeklarasikan diri sebagai Sekolah Sehat. (Reporter : JNX/Wawan).