polhukam

17 Kepala Kampung dilantik. Wakil Bupati Pesan hati2 Kelola Dana Desa

Oleh: muhrisaldi Editor: muhrisaldi 10 May 2020 - 11:29 manokwari

KBRN Buntuni. Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop SH selasa (10/3) Memimpin acara Pengambilan Sumpah janji Jabatan dan Pelantikan Kepala Kampung, lingkungan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni di Gedung sasan Karya Kantor Bupati SP 3 Distrik Manimeri.

Sebanyak 17 Kepala Kampung dilantik yang semuanya berasal dari 5 Distrik pesisir yakni Distrik Babo, kamundan, Kuri, Aroba dan Meyado.

17 kepala Kampung ini yakni Kepala Kampung Irarutu III, kampung Amutu, Kampung Nuse, KAnaisi, Modan Fisaura, Kalitami I, Kalitami II, Bibiram Kenara, Obo Refideso, Awegro, Sidomakmur, Wimro, Yaru dan kepala Kampung Kalidagu.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan sumpah janji, serta pemasangan tanda pangkat oleh wakil Bupati kepada masing-masing kepala Kampung.

Wakil bupatii Matret Kokop dalam sambutannya mengatakan, kepada seluruh Kepala Kampung Yang dilantik Untuk Berhati Hati menggunakan Dana desa. Diakui kehadiran dana desa adalah bentuk perhatian dari pemerintah pusat untuk dapat membantu proses pembangunan di desa, namun di sisi lain ada tanggung jawab yang sangat besar dalam mengelola dana ini sehingga dapat digunakan dan dipertanggung jawabkan sebaik baiknya.

"saya perlu menekankan bahwasanya kampung mendapatkan perhatian yang besar dari pemerintah dengan mendapatkan dana desa DD maupun ADD, program padat karya maupun berbagai macam dana lainnya, di satu sisi dapat mengurangi beban pemerintah Kampung, tapi di sisi lain, al itu menuntut tanggung jawab yang sangat besar dari kepala kampung, dan masyarakat untuk dapat melaksanakan dan mempertanggung jawabkan sebaik baiknya" kata Matret Kokop.

Wabup juga berpesan kepala kampung yang baru dilantik Kedepan bekerja dengan sungguh sungguh sesuai fungsi dan tugas, mengingat tuntutan masyarakat tinggi untuk penigkatkan layanan serta kesejahteraan, Jalin komunikasi, kordinasi dan bersinergi yang baik dengan atasan maupun staf baik serta antar lembaga, serta dapat Membenahi sumber daya aparatur dan penerapan manajemen yang baik, demi terjadinya penyelenggaraan pemeirntahan yang transparan dan akuntabel.

Sementara itu, kepala Bagian administrasi Pemerintahan Umum Reinhard Maniagasi menjelaskan, dari 17 Kampung yang dilantik 4 diantaranya adalah kampung pemekaran yakni kampung Kanaisi, modan Fisarua, Awegro dan Alidagu.

Dikatakan pelantikan ini sebelumnya telah didahului dengan proses penjaringan bakal calon dan pemilihan di kampung masing masing yang dikordinir oleh distrik masing-masing.

Dijadwalkan akan ada pelantikan kepala kampung selanjutnya namun saat ini masih dalam tahap persiapan diantaranya kampung-kampung di Distrik Sumuri.

"untuk peroses pemilihan kepala Kampung pada distrik Baru prosesnya akan dilalukan oleh distrik Induk" kata Reinhard.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut ketua DPRD Simon dowansiba, wakil Ketua Yohanes Pongtuluran, anggota DPRD Sudjono dan Romilus Tatuta, sekda Gustaf Manuputy, asisten, Forkopimda, pihak Swasta, dan jajaran Kepala OPD. (Reporter : Dina).