polhukam

CEGAH PENYEBARAN COVID 19, POLRES TELUK BINTUNI TURUN KE JALAN HIMBAU WARGA JANGAN BERKUMPUL

Oleh: muhrisaldi Editor: muhrisaldi 10 May 2020 - 11:28 manokwari

KBRN Bintuni. Menindaklanjuti maklmumat Kapolri No: mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah, dalam penanganan Penyebaran Virus Covid 19 polres Kabupaten Teluk Bintuni mulai melakukan pencegahan penyebaran Covid 19 dengan melakukan himbauan kepada masyarakat.

Kapolres Teluk Bintuni AKBP Hans Rahmatulloh Irawan kepada RRI selasa (24/3) mengatakan, sejak diterbitkanya maklumat tersebut pada 19 maret lalu, sejumlaah kegiatan telah dilaksanakan yakni membudayakan hidup bersih pada internal polres dengan menyediakan tempat cuci tangan di markas polres, pengecekan suhu tubuh bagi aparat serta masyarakat yang datang, serta menyebarkan maklumat kapolri dan memberikan himbauan di tempat keramaian serta menempatkan personil polres di pos pos pemeriksaan seperti pintu masuk Bintuni, pelabuhan dan bandara.

"kami juga akan melaksanakan kegiatan patroli gabungan dengan melibatkan instansi terkait untuk menghimbau masyarakat agar tidak berkumpul dalam jumlah yang banyak karena sangat rentan sekali penularan dari virus ini" katanya. 

Selain turun ke jalan, pihak polres juga melalukan himbauan kepada seluruh perkumpulan bulanan seperti majelis taklim, paguyuban dan kelompok arisan bulanan serta perkumpulan lainnya untuk disarankan menunda terlebih dahulu hingga situasi kembali normal.

Dari pantauan RRI di sepanjang jalan dari SP hingga wilayah kota bintuni kondisi jalan mulai nampak sepi, namun sejumlah fasilitas umum seperti perbangkan serta pertokoan masih berjalan seperti biasa. 

Namun pihak bank sendiri menyediakan alat untuk mencuci tangan dan mulai menjaga jarak duduk serta berdiri pengunjung. 
Sementara itu di komplek pasar central masih berjalan seperti biasa, sejumlah pedagang sayur yang menggunakan motor juga melakukan aktifitasnya seperti biasa namun mereka sudah mulai peduli menjaga diri dengan menggunakan alat pelindung diri seperti masker.

Meskipun belum menjadi wilayah rawan, namun Kapolres Hans menghimbau dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli dengan diri dan kesehatannya masing masing. 
(Reporter : Dina).