Pemilu

Bupati Kendal Kandidat Calon Pilgub Jateng 2024

Oleh: Bowo Wiranto Editor: sigit budi riyanto 06 Apr 2024 - 21:34 Semarang

KBRN, Semarang: Bupati Kendal Dico Ganinduto memiliki peluang besar maju sebagai kandidat calon Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024. Meski begitu, Dico mengaku masih fokus mengangkat UKM/UMKM dan meningkatkan SDM di Provinsi Jateng, khususnya di Kabupaten Kendal.

"Biarlah semua berjalan secara alamiah, karena sejatinya keputusan terakhir berada di tangan masyarakat Jateng semata," kata Dico, baru-baru ini. Pengamat Politik, Ujang Komarudin mengatakan nantinya rakyatlah yang akan menilai. 

Apakah Dico menjadi sosok yang tepat untuk memimpin Jawa Tengah atau tidak. "Soal tepat atau tidak (memimpin Jateng), nanti rakyat yang akan melihat, yang akan menilai, kalau saya yang mengatakan nanti subjektif," katanya, Sabtu (6/4/2024).

Menurutnya, biarkan masyarakat Kendal, Jateng yang akan menilai bagus atau tidak, berprestasi atau tidak. Saat ini Partai Golkar telah mengeluarkan sebanyak 1.040 surat tugas kepada kadernya di seluruh Indonesia, termasuk Dico Ganinduto. 

"Kalo kita bicara tiket Golkar, yang dimiliki Dico itu adalah surat penugasan, nanti Golkar itu akan melakukan survei tiga kali untuk melihat elektabilitas kader-kader Golkar, termasuk Dico Ganinduto," katanya. 

Hasil tiga kali survei, Ujang mengatakan, elektabilitas Dico stabil atau bahkan meningkatkan, bukan tidak mungkin Golkar akan semakin mendukungnya. Disebutnya, surat penugasan yang dimiliki Dico, merupakan salah satu bekal untuk menaikkan elektabilitasnya sebelum Pilkda Serentak 2024.