Arus Balik Mudik

Lancarkan Arus Balik, Jasa Marga Fungsionalkan Tol Jogja-Solo

Oleh: Nurana Diah Dayanti Editor: Syahrizal Budi Putranto 12 Apr 2024 - 19:16 Pusat Pemberitaan

KBRN, Surakarta: PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mengoperasikan jalur fungsional  Jalan Tol Jogja-Solo satu arah dari Ngawen sampai Colomadu. Hal itu berlaku mulai 12 hingga 15 April 2024 untuk mendukung kelancaran arus balik Lebaran 2024.

Demikian disampaikan Dirut PT JMJ, Rudy Hardiansyah, di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (12/4/2024). PT JMJ adalah anak usaha BUMN PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Jogja-Solo.

Kendaraan yang masuk jalur fungsional dari akses Gerbang Tol (GT) Karanganom, Ngawen, Klaten, akan diarahkan menuju dua tempat. Yaitu ke GT Banyudono untuk tujuan Boyolali dan/atau Surakarta dan GT Colomadu untuk tujuan Tol Trans Jawa.

"Di luar tanggal pemberlakuan jalur fungsional, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal," ujarnya. Menurut Rudy, pada periode arus mudik tercatat 58.702 kendaraan melewati jalur fungsional Tol Jogja-Solo dari Colomadu sampai Ngawen.

PT JMJ berharap jalur fungsional ini menjadi alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas di sejumlah titik. Misalnya di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo Yogyakarta.

"Sehingga, pengemudi tidak perlu lagi melewati 15 titik lampu lalu lintas," kata Rudy. Di samping itu, waktu perjalanan dari Klaten menuju GT Colomadu hanya mencapai 25 menit dibandingkan dengan jalan nasional.