Lain Lain

Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia Berlaku 20 April

Oleh: Iman Editor: Pessy 20 Apr 2024 - 06:00 Pusat Pemberitaan

KBRN, Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia. Prakiraan cuaca ini berlaku untuk Sabtu (20/4/2024).

Prakirawan BMKG Yuni Maharani mengatakan, dari pulau Sumatra, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu dan Padang. 

Sedangkan potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Palembang dan Tanjung Pinang. Selain itu, hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di kota Tanjung Pinang dan Bandar Lampung. 

"Perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir diprakirakan terjadi di kota Banda Aceh dan Pangkal Pinang," kata Yuni.

Beralih ke pulau Jawa, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Serang, Jakarta, Semarang dan Surabaya.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Bandung. Kemudian, hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di kota Yogyakarta.

Sementara di pulau Bali dan Nusa Tenggara, ia menyampaikan cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Kupang. Selain itu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Mataram dan Denpasar.

Selanjutnya, di pulau Kalimantan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlahkota. Seperti, Palangkaraya, Samarinda dan Tanjung Selor. 

"Perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir diprakirakan terjadi di kota Pontianak dan Banjarmasin," ucapnya.

Beralih ke pulau Sulawesi, potensi cuaca berawan diprakirakan teradi di kota Manado. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Gorontalo, Mamuju, Palu, Kendari dan Makassar. 

Di wilayah Indonesia timur, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Manokwari. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Ternate.

"Potensi cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di kota Ambon dan Jayapura," katanya.