gaya-hidup

Pasangan Ingin Menikah Didorong Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Oleh: Septina Trisnawati Editor: Septina Trisnawati 10 May 2020 - 11:39 palangkaraya

KBRN, Palangka Raya: Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah mendukung wacana sertifikasi kesehatan bagi pasangan yang akan menikah.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Samsul, persyaratan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan yang akan menikah yang masih tabu di Indonesia, telah menjadi kewajiban di negara-negara tertentu. 

Tujuan pemeriksaan bagi pasangan yang akan menikah yakni agar penularan penyakit dapat diputuskan dan ada pembicaraan terkait kondisi kesehatan yang bersangkutan dengan pasangan masing-masing.

“Makanya sebetulnya kita ini ya kita dari Dinas Kesehatan itu mendorong pemeriksaan kesehatan sebelum menikah. Jadi kalau bisa pasangan sebelum menikah itu dua-duanya ya terbuka aja pemeriksaan gitu kan nggak masalah,” tuturnya pada Rabu (20/11/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng ini menambahkan dengan pasangan sama-sama memeriksakan kesehatan sebelum memasuki pernikahan akan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ke depan.

Selain itu, pasangan yang akan menikah menurut Suyuti memang sebaiknya mengikuti kursus atau konsultasi pra nikah agar siap memasuki bahtera rumah tangga.