gaya-hidup

Masyarakat Kalteng Diminta Waspadai Virus Corona

Oleh: Septina Trisnawati Editor: Septina Trisnawati 10 May 2020 - 11:33 palangkaraya

KBRN, Palangka Raya: Meskipun pemerintah melakukan upaya mencegah penyebaran virus corona dengan memperketat pintu-pintu masuk baik di bandara maupun pelabuhan, masyarakat diminta tetap waspada.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kota Palangka Raya, Solihin, mengatakan virus corona yang disebut masih satu famili dengan Mers Cov memiliki masa inkubasi kurang lebih sampai 14 hari. 

Menurutnya, seseorang yang sudah terkena virus corona tapi belum mencapai 14 hari bisa saja dia tidak terdeteksi ketika di bandara atau di pelabuhan karena virus masih dalam masa inkubasi.

“Kita tidak berharap itu ada di sini tapi kita lebih baik waspada, sebab untuk yang saya sampaikan tadi thermo scanner bandara tidak menjamin untuk menangkap atau mendeteksi seseorang yang membawa virus corona,” ujarnya pada Selasa (28/1/2020).

Untuk itu Kepala KKP Kelas III Palangka Raya ini mengatakan warga yang tiba-tiba demam sebagai gejala pneumonia sebaiknya segera ke Puskesmas.

Solihin mengingatkan agar warga yang melakukan perjalanan ke luar negeri khususnya ke negara-negara terjangkit virus corona untuk tetap waspada. Menggunakan masker serta menjaga pola hidup bersih dan sehat menurutnya sebaiknya dilakukan orang-orang yang melakukan perjalanan luar negeri.

Warga yang melakukan perjalanan dalam negeri juga diminta tetap waspada terhadap penyakit pneumonia dengan gejala demam.