daerah

BPOM Kalteng Galakkan Program 'Kantin Sehat'

Oleh: Nata Dwiharso Editor: Nata Dwiharso 10 May 2020 - 11:31 palangkaraya

KBRN, Palangka Raya : Guna menjamin jajanan anak di sekolah yang aman dan layak dikonsumsi, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM Kalimantan Tengah menggalakkan program kantin sehat.Dalam program ini digalang kerjasama antara Dinas Pendidikan, pihak pengelola sekolah, penyedia kantin hingga orang tua murid.

Kepada RRI, Kepala Balai Besar POM Kalimantan Tengah Trikoranti , Jumat (21/02/2020) mengatakan, semenjak tahun 2017 pihaknya sudah menggalang kerjasama dengan pihak sekolah di Palangka Raya untuk membina dan mengatur kantin di sekolah. Tujuannya agar jajanan berupa makanan dan minuman yang disediakan kantin sekolah aman dari zat kimia dan bahan berbahaya serta beracun. Dalam kantin ini nantinya ditunjuk koordinator dari pihak kantin dan juga ada guru UKS sekolah untuk saling berkoordinasid an komunikasi terkait kemanan dan kesehatan jajanan sekolah. Pihak sekolah dan kantin kemudian menyepakati aturan bersama dalam penyajian dan pengemasan jajanan bagi anak.

“Selain itu dalam program kantin sehat juga ada penyebaran edukasi sehingga pihak sekolah, pihak kantin , orang tua dan murid sendiri menyadari soal kemungkinan adanya zat kimia berbahaya”, jelasnya.

Selain pihak penyedia kantin, program kantin sehat ini juga menyasar pedagang jajanan dan makanan yang berkeliling.Diharapkan pedagang keliling juga mengambil tanggung jawab dan kewajiban untuk menyajikan dan menyiapkan makanan yang sehat dan aman dikonsumsi. (NATA)