daerah

Kalteng Targetkan Rasio Elektrifikasi 90 Persen

Oleh: Septina Trisnawati Editor: Septina Trisnawati 10 May 2020 - 11:31 palangkaraya

KBRN, Palangka Raya:Rasio elektrifikasi di Provinsi Kalimantan Tengah meningkat sekitar 17 persen sejak 2015 lalu. Saat ini sekitar 87 persen masyarakat Kalimantan Tengah telah menikmati layanan energi listrik.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, mengatakan Kalteng diharapkan dapat mencapai rasio elektrifikasi maksimal sebesar 90 persen. Dikatakan, memastikan setiap warga negara mendapatkan haknya untuk menerima aliran energi listrik merupakan tugas negara.

“Sebetulnya rasio elektrifikasi ini bicara tentang asas keadilan sosial dimana seluruh masyarakat harus merasakan cuma memang terkendala geografis Kalteng ini yang begitu luas sehingga masyarakat pasti tersebar luas,” ujarnya pada Selasa (25/2/2020).

Sekda Kalteng mengakui masih ada daerah-daerah yang sulit dijangkau jaringan distribusi PLN. Untuk itu akan diupayakan pengembangan pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik micro hydro. Diharapkan, pembangunan pembangkit listrik di Kalteng dapat dipenuhi melalui dana APBN, APBD bahkan Anggaran Dana Desa.