gaya-hidup

Rempah-Rempah untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Oleh: Septina Trisnawati Editor: Septina Trisnawati 10 May 2020 - 11:29 palangkaraya

KBRN, Palangka Raya: Cepatnya penyebaran virus corona membuat semua pihak waspada. Informasi tentang rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan temulawak untuk meningkatkan kekebalan tubuh membuat jahe merah di Palangka Raya mengalami kenaikan harga. Jahe di Pasar Besar Kota Palangka Raya dijual dengan harga seratus ribu rupiah per kilogram.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kalteng, Endang Sri Lestari, mengatakan ramuan rempah-rempah tradisional memang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Namun ia membantah ramuan jahe, kunyit dan temulawak dapat menyembuhkan penderita covid-19.

“Jadi yang namanya jahe, temulawak, kunyit, segala macam itu dari jaman dulu nenek moyang kita itu pakai itu. Dulu mana ada Puskesmas, mana ampisilin, amoxilin jaman perang dulu,” ujarnya pada Kamis (12/3/2020).

Endang mengatakan virus corona memiliki gejala klinis yang sama dengan virus influenza. Namun virus corona ini cenderung tidak dapat dikenali tubuh karena merupakan virus baru.

Untuk itu menurutnya, timbul ide untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan jamu-jamu herbal tersebut. Tujuannya agar kekebalan tubuh meningkat dan kuat sehingga dapat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Endang menyayangkan masyarakat saat ini kurang peduli merawat kesehatan tubuhnya. Padahal semua bahan-bahan herbal alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh mudah ditemukan di lingkungan sekitar.