daerah

Pencarian Pria Tenggelam di Sungai Cempaga Dihentikan

Oleh: Septina Trisnawati Editor: Septina Trisnawati 10 May 2020 - 11:29 palangkaraya

KBRN, Palangka Raya: Tim SAR Gabungan menghentikan sementara pencarian warga bernama Heryanto (28). Warga Desa Bukit Batu RT.01 RW.01 Kecamatan Cempaga Hulu, Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, tersebut tenggelam di Sungai Cempaga Desa Pundu pada Selasa (10/3/2020).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palangka Raya, Muhammad Hariyadi, mengatakan hingga hari ketujuh pencarian, selasa (17/3/2020), Tim SAR Gabungan belum juga membuahkan hasil. Penyisiran sungai dilakukan sampai jarak tempuh sejauh 5 kilometer dari titik tempat kejadian musibah.

“Setelah kita lakukan pencarian selama tujuh hari dan korban juga belum ditemukan dan berdasar SOP Basarnas dalam pencarian selama tujuh hari, kita putuskan berdasarkan hasil musyawarah Tim SAR Gabungan dan para tokoh masyarakat setempat dan keluarga korban untuk Operasi SAR kita hentikan,” ujar Hariyadi, Rabu (18/3/2020).

Menurut Hariyadi dengan ditutupnya Operasi SAR bukan berarti Operasi SAR tersebut ditutup. Tetapi apabila ada tanda korban dan laporan dari masyarakat, maka Basarnas akan tetap merespon laporan tersebut. Bahkan pihaknya tetap melakukan pemantauan serta perkembangan informasi di lapangan.

Pada kesempatan itu Hariyadi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam proses pencarian.