daerah

Pasokan Gula Pasir Ke Kalteng Kosong

Oleh: Sabella Indah Sari Editor: Sabella Indah Sari 10 May 2020 - 11:29 palangkaraya

KBRN,Palangka Raya : Perum bulog Provinsi Kalteng menyatakan saat ini stok gula pasir di gudang Bulog Kalteng masih kosong sejak bulan januari 2020 lalu , karena  sampai saat ini belum ada pasokan gula masuk ke Kalimantan Tengah .

  Kepala Perum Bulog divisi regional Kalteng, Mika Ramba Kendenan, Rabu (18/3)  kepada RRI mengatakan, meski saat ini harga gula pasir di Kalimantan Tengah dan Kota Palangka Raya khususnya  sudah mencapi  Rp. 18.000/kg. Harga ini dinilai jauh diatas harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.

  Untuk itu ungkap Mika  untuk mengatasi kondisi yang ada dan menjelang bulan suci Ramadhan Bulog  telah  mendapat penugasan dari Pemerintah  untuk pengadaan stok gula pasir  pada tanggal 6 Maret 2020 lalu.

   Sementara persediaan gula pasir yang dijual Bulog Kalteng telah kosong sejak  bulan Januari lalu., hal ini  membuat pihak bulog berusaha untuk  melakukan menyediakan stok khusus untuk bulan ramadhan sehingga yang diharapkan harga gula dapat kembali normal atau stabil  sesuai  keinginan Pemerintah dikisaran  harga HET Rp.12.500/kg.”Menghadapi bulan suci Ramadhan kami telah siapkan pengadaan khusus  hal ini juga sesuai arahan dari Pemerintah Pusat.”kata Mika

   Mika Ramba Kendenan  menjelaskan pula untuk ketersediaan gula pasir  impor  baru akan masuk  pada awal April 2020 mendatang.  Dan  gula yang diimpor tersebut merupakan raw sugar (gula kristal mentah) yang masih harus diproses ulang menjadi gula siap konsumsi (gula kristal putih)

  Untuk itu  Bulog Kalteng  tidak dapat menjual gula pasir diatas HET yang telah ditetapkan pemerintah sebesar  Rp. 12.500/kg,meski ketersediaan gula milik Bulog Kalteng  saat ini sudah mengalami kekosongan sehingga harus menunggu proses import raw sugar. Dan  nantinya akan di jual  bagi  kebutuhan  masyarakat Kalteng ,  dengan harga sesuai jumlah stok yang tersedia.