daerah

Avigan dan Kloroquin Diyakini Berkhasiat Redam Corona

Oleh: Nata Dwiharso Editor: Nata Dwiharso 10 May 2020 - 11:28 palangkaraya

KBRN, Palangka Raya : Obat avigan dan kolorokuin yang saat ini dipesan oleh pemerintah sebagai obat peredam penyakti dan virus Corona dipercaya memiliki cara kerja yang mampu membendung replikasi atau penggandaan virus dan juga mencegah virus masuk ke dalam sel manusia.

Kepada RRI, seorang dokter yang juga spesialis virologi Universitas Palangka Raya, dr Nawan , Senin (24/03/2020) mengungkap avigan suatu obat virus yang mampu menghambat RNA dependen polymerase dimana mampu mencegah  virus mengerjakan  mekanisme memperbanyak diri.  Avigan  menghambat mekanisme memperbanyak diri dengan menghambat dependen RNA. Sementara untuk klorokuin, berdasarkan penelitian,  bisa menjadi imunomodulator  yakni menekan terjadinya badai sitokain sehingga gejala penyakitnya tidak terlalu berat. Jumlah  klorokuin juga bisa mencegah masuknya virus corona  ke dalam sel.

“ Kedua obat ini diyakini memiliki khasiat tertentu meredam penyakit akibat virus Corona walaupun bukan obat definitive”, terangnya.

Lebih jauh, dr Nawan juga membedah salah satu keunggulan virus corna lainnya yakni kemampuan mereplikasi atau menggandakan diri dengan cepat. Virus ini bisa menggandakan diri menjadi ribuan atau ratusan ribu dalam hitungan jam di tubuh manusia. Untuk melawannya maka seseoang perlu memiliki kekebalan tubuh yang prima dengan rajin olah raga, makan makanan bergizi dan berfikir positif. (NATA)