wisata

Obyek Wisata Umbul Susuhan Klaten Ditutup Sementara

Oleh: Yon Mujiyono Editor: 10 May 2020 - 12:02 kbrn-pusat

KBRN, Yogyakarta : Obyek Wisata Umbul Susuhan di Desa Manjungan Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Jawa Tengah, terpaksa ditutup karena pohon Blibis berukuran besar roboh di dalam kolam renang Umbul Susuhan.

Direktur BUMDes Mahanani, Agus Tri Joko mengatakan, pohon ambruk terjadi sekitar pukul 01.30 WIB, disebab oleh kondisi pohon sudah banyak yang keropos, dan rencananya akan ditebang setelah Lebaran 2019.

Menurut Agus, terkait peristiwa pohon yang roboh tersebut tidak ada korban jiwa, namun  sebanyak tiga pompa air rusak, dan  untuk sementara waktu objek wisata ditutup untuk umum.

“Penutupan dilakukan untuk proses pembersihan batang pohon yang tumbang serta perbaikan sejumlah fasilitas. Belum bisa memastikan berapa lama perbaikan bakal dilakukan. Namun perlu waktu satu minggu untuk evakuasi pohon yang  ambruk,” jelasnya, Selasa (1/1/2019).

Lebih Lanjut Joko mengatakan, tutupnya obyek wisata Umbul Susuhan membuat banyak pengunjung kecewa dan harus mencari tempat alternatif untuk mengisi liburan tahun baru, misalnya ke Umbul Ponggok, Jolotundo maupun ke kawasan Janti.

Ia menambahkan, kerugian akibat ditutupnya obyek wisata Umbul Susuhan pada libur di hari terakhir  ini diperkirakan mencapai sekitar Rp25 juta, berdasarkan prediksi engunjung mencapai 3 ribu hingga 3 ribu 300 orang, dengan tiket masuk Rp8 ribu per orang.

Sementara itu, Junarto (49) tahun warga Colomadu Solo menyatakan kecewa dengan ditutupnya Umbul Susuhan tersebut, mengingat ia bersama keluarga sudah terbiasa liburan di tempat ini.