Ramadan

Ramadan Pengurusan Pasport Umroh di Jatim Meningkat

Oleh: Benny Hermawan Editor: Rini Rustriani Lesti Handayani 01 Apr 2024 - 21:50 Surabaya

KBRN, Surabaya: Masyarakat melaksanakan ibadah Umrah pada bulan Ramadhan 2024 cukup tinggi.  Hal ini dipengaruhi keyakinan umat muslim untuk mendapatkan kelebihan ibadah haji kecil saat bulan suci.

Hal tersebut diungkapkan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono. Menurutnya animo melaksanakan ibadah umrah saat bulan Ramadhan meningkat signifikan. 

"Memang animo masyarakat Jatim tinggi. Dalam satu penerbangan dari Surabaya ke tanah suci animonya tinggi," ucap Yuwono, Senin (1/4/2024).

Dia menyebut rata-rata tujuan banyak orang membuat paspor di bulan puasa ini, untuk kepentingan menunaikan ibadah umrah ke Makkah. "Untuk datanya harus lihat ya, tapi memang animonya tinggi," ujarnya.

Sementara itu melihat animo masyarakat umrah di bulan ramadan cukup tinggi, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jawa Timur mengingatkan para penyelenggara umrah dan haji untuk waspada dan hati-hati dalam membuka cabang agar tidak menjadi korban gagalnya keberangkatan maupun kepulangan jemaah di tanah suci.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Abdul Haris mengatakan, pihaknya seringkali mendapatkan laporan ada jemaah umrah yang terlantar atau gagal berangkat karena prosesnya tidak dilakukan oleh biro travel umrah yang berijin.