Mudik Lebaran 2024

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Bus Pariwisata Disiagakan

Oleh: Yanuar Adi Editor: Candranita Purbani 02 Apr 2024 - 08:10 Purwokerto

KBRN, Banyumas: Mendekati arus mudik lebaran tahun 2024, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas mulai memperketat persiapan dan pengecekan armada bus AKAP dan pariwisata. Bus pariwisata juga disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik lebaran mendatang.

Salah satu PO pariwisata, yakni PO Sinar Mas telah melakukan pengecekan terhadap kelayakan armada bus. Pengecekan tersebut meliputi pergantian oli, mesin, dan lain sebagainya.

Pengemudi bus PO Sinar Mas, Saidi, mengatakan saat ini tengah menunggu arahan dan bantuan dari Dishub karena seluruh armada bus telah melewati proses pengecekan. “Semuanya untuk kendaraan sudah dicrosscheck, tinggal kita menunggu dapat bantuan dari Dishub,” ujar Saidi.

Arahan dan bantuan tersebut diberikan oleh Dishub kepada PO pariwisata sebagai salah satu bagian dari persiapan arus mudik. Begitu pula sebaliknya, PO pariwisata diimbau untuk siap sedia apabila dimintai bantuan oleh Dishub ketika terjadi lonjakan penumpang.

Sementara itu, pada mudik lebaran tahun ini PO Teguh Muda tidak menyediakan tambahan armada bus. Pengemudi bus PO Teguh Muda, Adi Susanto, menegaskan bahwa tahun ini hanya mengerahkan kurang lebih 20 unit bus.

Selain persiapan armada, pengemudi bus di Terminal Bulupitu Purwokerto juga melakukan tes kesehatan pada Senin (1/4/2023). Tes kesehatan dilakukan dengan tujuan untuk memastikan para pengemudi bus dalam keadaan sehat ketika bertugas nantinya.

Saidi dan Adi berharap dengan adanya persiapan arus mudik ini, seluruh pengemudi dapat lebih waspada dan berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. (YN/Wisnu/Tata)