ekonomi

Satgas Pangan Sumba Timur Launching KLSH 2019 dan Mobil Pangan Kita

Oleh: Hayatun Sofian Editor: 10 May 2020 - 12:02 kbrn-pusat

KBRN, Mataram : Mengawali tahun 2019  pemerintah daerah sumba timur,  satgas pangan polres sumba timur dan Bulog Subdivre Waingapu melaunching kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Beras (KPSH). 

“Kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan preventif dari pemerintah daerah, satgas pangan dan Bulog untuk mencegah kenaikan harga beras. Artinya tidak perlu menunggu harga naik baru turun. Jika pasokan beras aman dan cukup ke pasaran maka tidak mungkin terjadi kenaikan harga,” jelas Susanto Kepala Bulog Waingapu (3/1/2019).

Acara ini dilaunching serentak di Indonesia mulai dari pemerintah pusat yang akan di launching oleh Bapak Presiden Jokowi. Selanjutnya daerah ikut secara serentak yang dilaksanakan secara sinergi antara Pemda, satgas pangan polri dan Bulog.

Untuk ketersediaan stok bahan pangan pokok Perum Bulog Waingapu mengkonfirmasi untuk wilayah kabupaten Sumba Timur Stok yang di kuasai sangat cukup. Dimana beras yang tersedia 1.650 ton dengan ketahanan stok sampai dengan 5 bulan ke depan di jamin aman atau sampai dengan Mei 2019. Sementara Gula Pasir tersedia 30 ton, minyak goreng stok tersedia sekitar 6.000 liter.

Harga jual Beras medium sendiri dalam kegiatan ini yaitu Rp9000/kg untuk beras curah dan Rp9.500/kg untuk kemasan 5 kg artinya jauh di bawah HET yang sudah ditetapkan pemerintah sebesar Rp.9.950 per kg untuk wilayah sumba timur.

Selain melaunching kegiatan KPSH Bupati Sumba Timur meresmikan Mobil Pangan Kita yang nantinya siap melayani masyarakat sumba timur mendapatkan pangan pokok dengan harga terjangkau, murah dan sehat.  

“Kegiatan mobil tersebut akan di jadwalkan berkunjung secara bergilir ke kelurahan-kelurahan dan permukiman-permukiman warga. Target Bulog waingapu tahun ini tersedia 3 unit Mobil Pangan Kita untuk menjaga stabilisasi dan pasokan pangan Pokok terutama beras,” imbuhnya.