Daerah

Stabilkan Stok dan Harga Pemkab Bantul Gelar Gerakan Pangan Murah

Oleh: Mahadevi Pramitha Editor: Atang Basuki 02 Apr 2024 - 09:58 Yogyakarta

KBRN, Bantul : Untuk menstabilkan harga pangan di wilayahnya Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar Gerakan Pangan Murah di wilayah Pundong pada Senin (01/04/2024). Mengingat menjelang perayaan idul fitri biasa terjadi kenaikan harga bahan pangan.

Kegiatan ini menurut Bupati Bantul Abdul Halim Muslih merupakan langkah strategis untuk menstabilkan pasokan dan juga harga pangan. Selain itu juga untuk mengendalikan inflasi menjelang lebaran.

“Harga di bawah rata-rata pasar yang kita harapkan ini bisa dijangkau oleh masyarakat, daya beli masyarakat sampai kalau dengan harga seperti ini,” katanya di sela-sela kegiatan.

Belakangan harga beras yang sempat naik di Bantul juga telah menurun yakni di kisaran Rp 13-14 ribu per kilogramnya. Seiring dengan panen yang telah dilakukan para petani. Diharapkan Halim, panen ini masih akan terus berlangsung hingga awal bulan depan. Sehingga nantinya akan terus berpengaruh terhadap harga beras yang ada.

“Sekarang sudah mulai panen sehingga ini pasti nanti akan mempengaruhi terhadap harga beras, nanti akan turun karena penawaran meningkat,” ujarnya.

Pihaknya menurut Halim juga terus melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok masyarakat. Sehingga jika ada kenaikan yang signifikan pihaknya berjanji akan langsung melakukan intervensi. Termasuk dengan gerakan pangan murah seperti saat ini. (dev)