Daerah

Jangan Khawatir! Stok Kebutuhan Pokok di Lebak Dipastikan Aman

Oleh: Hasniar Rahmawati Editor: Dendy Fachreinsyah 02 Apr 2024 - 12:09 Banten

KBRN, Serang: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak pastikan bahwa stok kebutuhan di Kabupaten Lebak menjelang Idulfitri 2024 aman. 

Hal tersebut dikatakan oleh Orok Sukmana, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak saat berbincang dalam dialog pagi bersama RRI, Selasa (02/4/2024). Ia memastikan bahwa stok saat ini aman untuk satu minggu ke depan.

Baca juga: 

Jelang Lebaran, DKPP Kab Serang Gelar GPM

“Kami terus memonitor kebutuhan pokok di Lebak yang dipastikan aman,” ucapnya.

Ia mencatat ada sekitar 12 kebutuhan pokok yang terus dimonitor dan dipantau setiap hari terkait dengan harga dan ketersediaannya. 

Pertama untuk beras kw 1 dan KW 2 di pasar Rangkasbitung tercatat ada sekitar 3,4 ton, bawang merah 4,2 ton yang ia perkirakan cukup untuk 2 minggu ke depan. Kemudian cabe keriting 714 kuintal untuk stok 3 minggu kedepan.

“Kemudian cabai rawit juga ada 858 kuintal yang cukup untuk 3 minggu kedepan, ada juga daging sapi 1,1 ton yang diperkirakan cukup untuk 1 bulan. Stok daging ayam ada 1,27 ton cukup untuk 1 bulan kedepan, lalu telur ayam broiler juga ada 1,6 ton cukup untuk 3 minggu," ucapnya.

Baca juga: 

Pemerintah Didorong Bangun Sentra Penggilingan Padi Modern di Pandeglang

Begitupun untuk stok kebutuhan lain seperti minyak kemasan 1,18 ton, gula pasir 1,12 ton yang ia perkirakan cukup untuk 3 minggu ke depan, sedangkan ada sekitar 2500 ton beras yang diperkirakan cukup untuk stok 2 minggu ke depan. 

Oleh karenanya berdasarkan pantauannya stok kebutuhan di Kabupaten Lebak dapat dikategorikan aman terkendali. Ia berharap kepada masyarakat agar bersikap bijak dalam memenuhi kebutuhan pokok saat ini.