Daerah

Petugas Terminal Purboyo Lakukan Ramp Check Armada Bus

Oleh: Eka Wulan Editor: Imam Malik 02 Apr 2024 - 11:56 Madiun

KBRN, Madiun: Petugas Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan armada bus yang masuk ke terminal, Selasa (2/4/2024). Pemeriksaan kendaraan dilaksanakan memasuki arus mudik dan balik lebaran 2024.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Purboyo Madiun, Hendra Ayi Sonica mengatakan, ramp check meliputi klakson, lampu, ban, termasuk surat-surat kendaraan seperti uji KIR, kartu pengawasan, SIM dan STNK. Hasil ramp check kali ini, petugas belum menemukan pelanggaran.

“Kalau kita menemukan pelanggaran, kita jatuhkan sanksi. Bisa berupa tilang, maupun kita kembalikan ke perusahaan otobus (PO) untuk tidak beroperasi,” katanya.

Petugas Terminal Purboyo memastikan ban armada bus laik, saat melakukan ramp check kendaraan.

Kegiatan ramp check, kata Hendra akan rutin dilaksanakan selama masa angkutan lebaran. bagi bus yang dinyatakan laik jalan, akan diberikan penanda stiker pada kendaraan.

“Ini salah satu upaya kami menghadapi arus mudik-balik lebaran,” ucapnya.

Selain melakukan ramp check kendaraan, kru awak bus juga akan dicek kesehatan. Tujuannya memastikan sopir dan kenek bus dalam kondisi prima, karena mengangkut banyak penumpang pada masa angkutan lebaran.

“Kita pastikan driver itu dalam kondisi sehat,” tegasnya.