Mudik Lebaran 2024

Pemudik Kapal Laut Mulai Memadati Pelabuhan Trisakti

Oleh: Rizky Wahyudi Editor: Yedi Yulistiadi 02 Apr 2024 - 12:57 Banjarmasin

KBRN, Banjarmasin :Mendekati libur panjang di Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin kini semakin ramai pemudik lebaran. Pemudik tujuan ke Pulau Jawa menggunakan kapal laut mulai memadati terminal di pelabuhan tersebut. 

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan memprediksi jumlah pemudik Lebaran tahun 2024 ini, akan mengalami pemeningkat hingga 17% dibanding tahun sebelumnya.

"Sejak sepekan terakhir jumlah penumpang di pelabuhan Trisakti Banjarmasin meningkat jika dibandingkan pada hari-hari biasanya," Ujar Kasubbag Umum dan Hubungan Masyarakat KSOP Kelas I Banjarmasin Deny Hendra Mulyadi, Selasa (2/4/2024).

Peningkatan penumpang kapal laut ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya karena harga tiket lebih murah dibandingkan dengan pesawat terbang. Sejauh ini lebih dari 9 ribu penumpang dan 2 ribu unit lebih kendaraan sudah bertolak dari pelabuhan Trisakti Banjarmasin tujuan Tanjung Perak Surabaya.

Deny juga menyebutkan, hampir 16 ribu orang pemudik telah berangkat lebih awal dari pelabuhan trisakti menggunakan kapal laut. Hal itu dilakukan  untuk menghindari terjadinya lonjakan pemudik ketika mendekati Hari Raya Lebaran.

Untuk memberikan pengamanan dan kelancaran para pemudik di pelabuhan, KSOP Banjarmasin juga membuka Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran 2024. Posko Lebaran tersebut dibuka sejak 26 Maret sampai 26 April 2024.